Ternyata Ini Ciri PAUD yang Baik Untuk Buah Hati, Orang Tua Wajib Tahu




JAKARTA, KalderaNews.com – Memilih sekolah untuk buah hati memang gampang-gampang susah. Banyak pilihan yang telah tersedia di lingkungan sekitar tempat tinggal dengan beragam fasilitas yang ditawarkan. Beberapa faktor yang menjadi alasan antara lain jarak ke rumah dan biaya, kurikulum, dan biaya.

Untuk mengetahui ciri PAUD yang baik adalah dengan menggunakan insting sebagai orang tua. Mendatangi ke sekolah tersebut pada saat kelas berlangsung. Orang tua juga harus mengamati bagaimana para guru menangani murid-muridnya.

BACA JUGA:

Guru PAUD harus memiliki rasa sayang kepada anak-anak dan menjiwai pekerjaan mereka. Anda bisa merasakan hal ini saat mengamati mereka dan jauh selama beberapa saat. Namun, bila masih bingung memilih PAUD yang terbaik untuk buah hati, inilah ciri PAUD yang baik:

  • Anak menghabiskan hampir seluruh waktu mereka untuk bermain, baik membuat sesuatu ataupun bermain dengan anak lain. Bila anak-anak terlihat berjalan mondar-mandir seenaknya, atau diminta duduk tenang dalam waktu lama, PAUD tersebut tidaklah ideal.
  • Anak diberikan berbagai aktivitas sepanjang hari. Jadwal anak ini diperlukan untuk mengetahui apakah kegiatan bagi anak tampak monoton dan membosankan.
  • Lihat bagaimana guru bekerja . idelanya guru bekerja dengan masing-masing anak, kelompok-kelompok kecil, dan kelompok besar pada saat berbeda sepanjang hari. Mereka tidak menghabiskan waktu seharian bersama kelompok besar terus, juga harus diamati perbandingan jumlah guru dengan jumlah anak di kelas.
  • Apakah kelas dihiasi dengan karya anak-anak atau karya para guru? Idealnya, karya anak-anak yang dipajang untuk menghias kelas. Anak dapat merasa lebih bangga dan bersemangat.
  • Anak belajar melalui  bermain dan pengalaman sehari-hari. Mereka mengenal angka dan guruf melalui proses bermain, belajar menyiapkan makanan sederhana atau mengenal tumbuhan dan binatang di sekitar.
  • Anak memiliki waktu yang lama, setidaknya satu jam untuk bermain dan bereksplorasi. Lembar kerja hanya sesekali digunakan.
  • Anak mempunyai kesempatan untuk bermain di luar ruangan setiap hari.
  • Para guru sering membacakan buku untuk anak-anak secara individu atau dalam kelompok kecil, tidak membacakan cerita untuk seluruh murid.
  • Kurikulum bisa diadaptasi untuk anak yang lebih cepat belajar, dan juga untuk anak yang yang membutuhkan bantuan lebih dalam belajar. Guru harus mengetahui latar belakang , pengalaman, dan kemampuan bahwa setiap anak berbeda, sehingga masing-masing anak adalah unik dan mungkin puny acara belajar yang berbeda satu denga n lainnya.
  • Anak dan orang tua menyukai sekolah tersebut. Orang tua merasa aman menyekolahkan anak di PAUD yang menjadi pilihan dan anak tidak menangis atau berpura-pura sakit saat waktunya sekolah .

Ciri-ciri tersbeut di atas dapat dicari tahu dengan observasi dan survei secara langsung. Mungkin bila belum menemuan PAUD yang memiliki ciri tersebut di atas, bila sebagian besar cirinya terdapat di PAUD tersebut, hal itu dapat menjadi pertimbangan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*