Perbedaan Sekolah dan Kuliah yang Harus Dipahami Para Pelajar Zaman Now




Ilustrasi: Persiapan Kuliah

JAKARTA, KalderaNews.com – Jenjang pendidikan setelah Sekolah Menengah Atas adalah kuliah di perguruan tinggi. hal ini semua orang telah paham. Namun, bagaimana perbedaan kehidupan sekolah dan kuliah?

Kedua fase pendidikan ini memang berbeda total. Agar tidak kaget dengan keseharian di perguruan tinggi, kamu harus menyimak perbedaan signifikan antara sekolah dan kuliah berikut ini.

BACA JUGA:

Individualis

Bila di sekolah penuh dengan grup, maka di dunia kuliah lebih individualis dengan berpaku pada nilai kebebasan berpendapat, pikiran yang lebih terbuka dan matang.

Tenaga pengajar

Di dunia kuliah tidak ada lagi cerit disetrap dosen karena bolos. Saat kamu sudah dinilai nakal, tidak aka nada hukuman fisik yang nyata, melainkan hukuman E dan D sebagai gantinya di akhir semester.

Kemandirian

Bila di SMA masih tinggal bersama orang tua dan semua masih disediakan, beda halnya bila kamu harus tinggal berjauhan dengan orang tua di tempat kos. Kamu harus lebih mandiri dalam mengerjakan kebutuhan sehari-hari.

Jumlah teman

Di SMA dan sekolah sebelumnya kamu bisa saja akrab dan mempunyai banyak teman, tetapi di kuliah, bakalan sult menemukan sahabat sejati. Kuliah merupakan kumpulan orang dengan latar belakang yang beragam.

Hubungan dengan tenaga pengajar

Hubungan guru dan murid saat SMA akan seperti orang tua dan anak, tetapi tidak demikian pada hubungan antara mahasiswa dan dosen. Dosen sudah cukup sibuk dengan Tri Darma Perguruan Tinggi, sehingga mereka tidak punyak banyak waktu untuk mengurusi hal-hal kecil seperti kenakalan mahasiswa. Mereka menghukum dengan nilai bukan dengan omelan yang panjang.

Jenis kenakalan

Saat sekolah kenakalan yang biasa kamu lakukan mungkin seputar bolos pelajaran dan pergi ke kantin, merokok sembunyi-sembunyi atau bolos upacara bendera. Namun, di dunia kuliah, kenakalan yang dapat dilakukan adalah menitip absen, tidak masuk kuliah tetapi tetap tercatat, mengambil foto catatatn teman, dan lain-lain.

Kegiatan ekstrakurikuler

Bila di bangku sekolah kamu bisa ikut ekskul basket, futsal, pramuka, PMR, dan lain-lain untuk mencari kenalan, menjadi pusat perhatian atau memang ingin aktif, lain halnya saat kuliah. Saat kuliah kamu akan memilih satu atau dua organisasi yang benar-benar menjadi favorit untuk mengembangkan public speaking atau daya kepemimpinan. Saat kuliah, popularitas bukan lagi hal utama dalam bergabung di UKM atau menjadi anggota himpunan mahasiswa.

Seragam

Anak sekolah harus mengenakan seragam sesuai dengan ketentuan. Anak kulaih tidak demikian. Asal berpakaian bebas, sopan, dan formal itu cukup.

Tugas

Saat sekolah, setiap mata pelajaran akan memberikan tugas. Bahkan satu pelajaran bisa terdapat banyak sekali buku dan catatan dari guru. Untuk tugas kuliah, biasanya akan lebih fleksibel, membuat makalah dan presentasi, mengulas materi, dan lain-lain yang biasanya dikerjakan secara berkelompok.

Pola pikir

Pada saat masih duduk di bangku SMA, kamu pasti sudah mempunyai beragam rencana untuk setelah lulus. Saat itu kamu hanya melihat segala sesuatu dari kacamata anak polos yang belum banyak pilihan dan tanggung jawab. Berbeda dengan saat kuliah, kamu akan dihadapkan dengan banyak kenyataan kehidupan yang cukup beragam dan membuatmu lebih realistis dan ingin segera sukses secepat mungkin.

Absensi

Kehadiran sehari-hari saat sekolah adalah hal yang mutlak. Tetapi di kuliah berbeda. Setiap mata kuliah kamu akan diberikan kesempatan untuk tidak hadir sebanyak 3 kali, hal ini tidak mempengaruhi nilai. Namun, bila lebih dari itu, nilaimu akan terpengaruh.

Itulah beberapa perbedaan antara kuliah dan sekolah yang harus dipahami oleh para pelajar. Hal ini harus sejak di bangku sekolah dipahami agar tidak kaget saat memasuki dunia perguruan tinggi kelak.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*