Perbedaan Sekolah dan Kuliah yang Harus Diketahui Milenials

Sejumlah pelajar SMA mengenakan pakaian batik
Sejumlah pelajar SMA mengenakan pakaian batik (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Banyak pilihan yang dapat kita ambil setelah kita lulus dari jenjang SMA/SMK. Kita bisa mengambil kuliah di perguruan tingi idaman ataupun bekerja. Biasanya opsi bekerja ini dipilih oleh para lulusan SMK.

Saat menjadi pelajar SMA/SMK kita pasti membayangkan kehidupan sebagai mahasiswa. Kehidupan menjadi mahasiswa memang tampak menyenangkan. Meskipun demikian, menjadi mahasiswa tidak semudah yang kita bayangkan.

BACA JUGA:

Menjadi mahasiswa berarti beradaptasi dengan peralihan dari sekolah menengah menuju dunia perkuliahan. Inilah perbedaan sekolah dan kuliah yang harus diketahui sebelum kita bergelar mahasiswa.

Baju yang dipakai

Ini merupakan perbedaan yang paling mencolok antara pelajar dengan mahasiswa. Sekolah diwajibkan memakai seragamyang sudah ditentukan dari Senin hingga Jumat, sedangkan saat kuliah kamu bebas mengenakan pakaian apapun, kecuali kuliah kedinasan sesuai ketentuan.

Penyebutan tenaga pengajar

Di sekolah, kamu punya guru sebagai pengajar, sedangkan di bangku kuliah kamu menyebut istilah pengajar denagn dosen. Tidak hanya beda istilah, tetapi fungsi dan perannya juga sedikit beda. Saat di sekolah guru akan membimbing, mengarahkan, melatih, dan mengajari sampai benar-benar paham pada materi yang diajarkan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*