Tip Belajar dari Pelajar Korea Selatan, Agar Selalu Sukses dan Berprestasi




Ilustrasi: Sekolah di Korea Selatan

JAKARTA, KalderaNews.com – Korea Selatan dikenal sebagai negara yang maju pesat dalam lebih dari satu dekade belakangan ini. Pendidikan di Korea Selatan terkenal dengan persaingan nilai yang sangat ketat di antara para pelajarnya. Hal ini membuktikan bahwa pelajar di sana memiliki prestasi dan kesuksesan dalam pendidikan mereka.

Prestasi dan kesuksesan pelajar dari Korea Selatan itu harus diteladani dan diterapkan di Indonesia. Inilah tip belajar dari pelajar Korea Selatan yang patut dicontoh agar kita selalu sukses dan berprestasi.

BACA JUGA:

Jam tidur teratur

Pelajar Korea Selatan mempunyai 7 jam untuk tidur dengan kualitas yang bagus. Tidak tidur dalam keadaan gelisah karena tugas. Setelah tidur mereka mengambil 13-14 jam untuk belajar.

Waktu belajar ekstra

Selama 13 jam, pelajar Korea Selatan benar-benar belajar. Harus benar-benar memperhatikan pelajaran yang diberikan oleh guru. Tidak boleh mengantuk karena mereka telah tidur dengan cukup selama 7 jam.

Dilarang mengantuk

Pelajar negeri ginseng dilarang mengantuk di kelas. Sisa waktu 3-4 jam dapat diisi dengan bermain atau beristirahat. Jadi waktunya belajar mereka belajar serius, waktunya rehat mereka akan refreshing.

Punya cita-cita

Sejak sekolah mereka sudah mempunyai cita-cita. Andai pun belum, mereka tetap belajar dengan sangat giat.

Belajar adalah wajib

Bagi mereka belajar merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Selama masih bernafas, belajar merupakan keharusan.

Yakin akan usaha

Pelajar dari Korea Selatan meyakini bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha. Oleh karena itu mereka terus berusaha dengan keras untuk meraih cita-cita.

Manajemen stres

Semua pelajar di seluruh dunia dapat mengalami stres. Namun, pelajar dari Korsel ini dapat mengenali stresnya dan menghilangkan atau melawan stres tersebut. Beragam cara yang mereka tempuh antara lain dengan menyanyi di karaoke, olahraga, atau diisi dengan kegiatan positif lainnya.

Menikmati masa sekolah

Pelajar di Korea Selatan menikmati masa-masa sekolahnya. Hal itu membuat mereka selalu semangat dalam belajar.

Konsisten meraih cita-cita

Cita-cita mereka selalu dijadikan alasan untuk belajar dengan rajin. Tidak dengan menghalalkan segala cara melainkan dengan tidak terburu-buru menggapai mimpinya.

Makanan sehat

Anak-anak di Korea Selatan sangat mengutamakan makanan bergizi dan vitamin yang mendukung kinerja otak mereka dalam menerima pelajaran dengan baik.

Konsultasi dengan orang tua

Siswa siswi di Korea Selatan terbiasa berkonsultasi dan berdikusi maslaah pendidikan mereka kepada kedua orang tua ketika berada di rumah. Mereka tidak segan mengutarakan rencana mereka untuk kuliah atau melanjutkan studi bersama keluarga.

Liburan produktif

Saat libur, siswa dari Korea Selatan lebih sering memanfaatkan waktu senggang mereka untuk membaca dan juga mengerjakan sesuatu yang lebih produktif seperti menulis atau membuat karya lain yang dapat menambah kemampuan dan keterampilan mereka.

Persiapan ujian

Karena sehari-hari selalu mereka isi dengan  belajar, mereka lebih siap menghadapi ujian. Mereka tidak lagi belajar sistem kebut semalam.

Pantang menyerah

Mirip dengan karakter pelajar dari Jepang, siswa di Korea Selatan juga memiliki sifat pantang menyerah saat belajar. Bagi mereka, dengan pendidikan yang baik mereka akan mendapatkan karier yang cemerlang saat nanti memasuki dunia kerja. Sikap pantang menyerah ini yang membuat negara Korea Selatan maju dan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas seperti sekarang ini.

Kerja kelompok dan diskusi

Pelajar di Korea Selatan sangat sering melakukan kerja kelompok dan berdiskusi mengenia suatu pelajaran. Mereka akan memberikan berbagai materi pembelajarn untuk dibahas bersama dan mendapatkan solusi yang komprehensif.

Dari uraian di atas pasti kamu telah memahami mengapa pelajar dari negaranya BTS mempunyai prestasi yang cemerlang. Bagi mereka belajar bukanlah beban, melainkan kewajiban yang dijalani dengan menyenangkan. Yuk, kita contoh kebiasaan baik mereka. Dimulai dari diri kita ya, Sob!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*