Inilah Makna Logo Tut Wuri Handayani yang Jadi Logo Kemendikbud dan Biasa Nempel di Seragam Sekolah

Logo Tut Wuri Handayani
Logo Tut Wuri Handayani (KalderaNews/Malena)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Semboyan Tut Wuri Handayani tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Semboyan ini identik dengan dunia pendidikan Indonesia yang memiliki sejarah yang panjang.

Banyak pahlawan yang berjasa untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Salah satu pahlawan yang paling terkenal di dunia pendidikan adalah Ki Hadjar Dewantara.

Bahkan karena jasanya semasa hidup, hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara juga ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional, yakni diperingati tiap tanggal 2 Mei.

BACA JUGA:

Salah satu semboyan dari Ki Hadjar Dewantara yang masih dihayati di dunia pendidikan hingga saat ini yakni Tut Wuri Handayani. Semboyan ini berasal dari semboyan lengkap “Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani”.

Arti semboyan itu “Di depan, seorang pendidik harus bisa menjadi teladan, di tengah murid, pendidik harus bisa memberikan ide, dan di belakang, seorang pendidik harus bisa memberikan dorongan”.

Selanjutnya, penggalan semboyan “Tut Wuri Handayani” digunakan dalam logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai penghargaan bagi Ki Hajar Dewantara.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*