5 Kemampuan Ideal yang Wajib Dikuasai Lulusan Teknik Mesin Biar Kariernya Moncer




Sampoerna University
Gedung Kampus Sampoerna University (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Jurusan Teknik Mesin (Mechanical Engineer) banyak digandrungi lulusan SMA/Sederajat untuk kuliahnya. Alasan jelas, Teknik Mesin memiliki pospek karier yang bagus dengan potensi gaki yang luar biasa besar.

Bidang-bidang yang cukup menggiurkan buat lulusan Teknik Mesin, seperti desain dan manufaktur, robotika dan mekatronik hingga energi dan lingkungan.

Namun demikian, bukan berarti lulusan Teknik Mesin akan selalu mendapatkan peluang yang bagus begini. Namun satu hal yang perlu dicatat, mereka yang benar-benar menguasai jurusan ini tentu akan berpeluang besar mendapatkannya.

BACA JUGA:

Pada dasarnya, setiap perusahaan perekrut tidak asal terima lulusan, tetapi benar-benar mencari mereka yang punya ketrampilan sebagai lulusan Teknik Mesin.

Lantas ketrampilan (skill) seperti apa yang ideal buat lulusan Teknis Mesin? Berikut ini 5 skill yang wajib dimiliki dan dikuasai lulusan Mechanical Engineer seperti diidealkan oleh Sampoerna University di Jakarta yang memiliki program gelar ganda (double degree) bekerjasama dengan kampus di Amerika yakni University of Arizona:

1. Mechanical Skills

Keterampilan mekanik mengacu pada kemampuan untuk merancang dan membangun alat fisik, mesin, dan perangkat lainnya. Seorang engineer yang bekerja di industri aeronautika, misalnya, harus bisa membuat dan memperbaiki mesin jet. Seorang engineer nuklir mungkin perlu memelihara dan meningkatkan sistem keselamatan dan tanggap darurat.

2. Computer Skills

Sarjana Teknik Mesin menggunakan komputer dalam banyak aspek pekerjaan mereka. Misalnya, seorang engineer dapat menggunakan perangkat lunak khusus untuk menjalankan simulasi, merancang mesin, dan menghasilkan spesifikasi komponen.

Sementara mahasiswa biasanya mengembangkan kompetensi komputer di seluruh kurikulum mereka, banyak yang memilih untuk mengambil kelas pilihan di berbagai bidang seperti sirkuit elektronik, rekayasa perangkat lunak, dan manajemen basis data.

3. Matematika

Matematika merupakan “jantung” seorang mechanical engineer. Untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam merancang, menganalisis, dan memecahkan masalah sistem mekanik yang kompleks, mahasiswa teknik biasanya harus menyelesaikan kursus substansial dalam kalkulus, trigonometri, fisika, dan statistik. Mereka juga mengasah keterampilan matematika tingkat lanjut melalui pembelajaran berbasis proyek.

4. Komunikasi

Sarjana Teknik Mesin harus tahu bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan orang di sekitar yang beragam. Untuk menginformasikan upaya desain, seorang teknik mesin atau mechanical engineer sering kali perlu berbicara langsung dengan klien atau eksternal untuk memahami kebutuhan mereka. Mereka juga dapat berkolaborasi dengan arsitek, computer scientist, dan pakar-pakar lainnya untuk menghadapi tantangan tertentu.

5. Problem-Solving

Dalam persiapan untuk pekerjaan, juga dikembangkan solusi untuk tantangan. Mahasiswa teknik belajar tentang model matematika untuk menganalisis masalah dan kerangka kerja yang digunakan untuk mengevaluasi pilihan desain. Mereka juga mempelajari gambar teknik mesin forensik, yang merupakan proses mengidentifikasi penyebab kegagalan desain dan implementasi.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*