7 Persiapan Jitu untuk Menghadapi Tes IELTS, Mahasiswa Harus Paham




Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Masuk PTN 13 April Hingga 4 Mei 2019
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

JAKARTA, KalderaNews.com – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah impian banyak mahasiswa. Apalagi bila terdapat beasiswa yang menopang pembiayaan, pasti akan lebih semangat. Persiapan kuliah lanjutan memang menyenangkan, termasuk persiapan  tes IELTS.

Meskipun terlihat sepele  karena ini merupakan tes bahasa Inggris belaka, tetapi persiapan menghadapi tes IELTS tidak boleh diabaikan. Tanpa persiapan yang matang dan jitu, tes IELTS ini mustahil dapat dilewati dengan baik.

BACA JUGA:

Terdapat empat bagian tes IELTS yang telah kita ketahui bersama yakni mendengarkan, menulis, membaca, dan juga berbicara. Inilah persiapan jitu menghadapi tes IELTS yang harus kamu tahu.

Mengetahui format tes

Mengetahui format tes tidak hanya penting untuk memahami cara mempersiapkannya, tetapi juga membantu memberikan ketenangan tersendiri untukmu dalam menjalani tes. Dengan empat bagian tes yang berbeda, terdapat berbagai aspe yang perlu kita ketahui. Memahami berbagai jenis pertanyaan dan tugas yang dibutuhkan akan memungkinkan ita menyusun strategi alokasi waktu dan memberi perhatian ekstra pada bidang kelemahan saat tes IELTS berjalan.

Jika kamu berencana mengambil tes IELTS berbasis komputer, cobalan berlatih dengan cara tersebut yang telah banyak tersedia di berbagai platform tes IELTS.

Berlatih membaca berbagai topik dalam bahasa Inggris

Berlatih membaca dari website, buku, atau artikel majalah, sert berita online dapat memperkaya pengetahuan kita mengenai topik populer. Hal ini selain menambah kemampuanmu dalam reading juga akan menambah wawasanmu.

Memiliki harapan atas hasil tes

Salah satu cara terbaik dalam persiapan tes IELTS adalah dengan memiliki harapan atas hasil tes yang akan dijalani. Untuk peserta yang memilih tes IELTS berbasis komputer, biasakan dirimu dengan berlatih menggunakan contoh tes yang ada.

Berlatih berbicara secara alami

Meskipun kamu tergoda untuk berlatih bicara sendiri untuk persiapan tes IELTS sebagai bagian dari speaking, lebih baik cara ini dihindari. Hal ini mungkin akan dianggap tidak wajar dan kamu bisa membuat lebih banyak kesalahan. Belum lagi bisa muncul rasa gugup dalam proses tersebut.

Yang lebih baik adalah berlatih berbicara secara alami bersama keluarga atau teman mengenai berbagai topik. Berlatih berbicara dengan mereka menggunakan bahasa Inggris merupakan cara belajar untuk membiarkan percakapan mengalir secara alami.

Kamu tidak perlu menjadi ahli dalam sebuah topik yang ditugaskan kepadamu. Pengujimu akan menilai kemampuanmu berkomunikasi dengan lancar dan koheren.

Perbanyak kosa kata sendiri dan berlatih menulis

Menempatkan kata-kata yang tepat ke dalam konteks yang benar adalah kunci bila kamu telah sampai pada bagian menulis. Satu langkah yang dapat kamu lakukan adalah untuk memastikan kamu menggunakan kata-kata yang tepat adalah meningkatkan kosa katamu.

Untuk meningkatkan kosa kata, mulailah membaca sebanyak mungkin untuk memperkaya diri pada sebanyak mungkin kata. Perhatikan kata-kata yang tidak kamu ketahui, tetapi hindari menghabiskan terlalu banyak waktu dalam mempelajari kata-kata yang mungkin terlalu khusus.

Saat mempelajari kota kata baru, ambil kesempatan ini untuk menulis dan membentuk kalimat secara konsisten dengan jumlah kata yang diperlukan untuk tes IELTS. Hal ini akan membantu meningkatkan kecepatan menulimu dan memastikan jawabanmu tetap berada dalam zona jumlah kata yang diperlukan.

Latih kemampuan mendengarkan

Untuk mempersiapkan bagian mendengarkan, latihanlah bersama seorang teman dan bacalah bagian-bagian dari buku atau majalah tentang hal-hal terkini. Kemudian ajak temanmu untuk mengajukan pertanyaan dari bacaan tersebut dan kamu dapat menjawabnya.

Untuk berlatih secara maksimal, mulailah bangun pagi untuk menonton atau mendengarkan berita pagi berbahasa Inggris. Kemudian akhiri dengan menonton atau mendengarkan berita malam berbahasa Inggris. Kamu juga dapat mengasah kemampuanmu mendengarkan dengan mencermati fakta yang disampaikan penyiar.

Terus berlatih agar sempurna

Terus berlatih adalah kunci kesuksesan. Dari meningkatkan kosa kata melalui membaca hingga menuliskan kalimat. Latihan setiap hari dan mempelajari trik persiapan tes IELTS sebelum ujian merupakan persiapan terbaik yang dapat kamu lakukan.

Yuk, semangat latihan setiap hari agar makin cas cis cus dan saat ujian berlangsung sudah tidak grogi lagi.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*