Inilah Kategori dan Manfaat Tes IELTS yang Harus Diketahui Kalau Kamu Ingin Lanjut S-2




Ilustrasi Kelas Bahasa Inggris (KalderaNews.com)
Ilustrasi Kelas Bahasa Inggris (KalderaNews.com)

JAKARTA, KalderaNews.com – IELTS merupakan tes wajib yang harus kita ikuti bila ingin melanjutkan pendidikan atau berkarier di luar negeri. Sistem  uji coba ini digunakan oleh banyak lembaga asing untuk melihat kualitas kemampuan bahasa Inggris-mu

Sayangnya, meskipun penting, banyak pekerja atau mahasiswa yang belum mengenal jenis tes Bahasa Inggris ini. akibatnya, banyak yang merasa kesulitan saat harus mengikuti IELTS dan akhirnya  menerima hasil yang kurang memuaskan.

BACA JUGA:

IELTS ini mempunyai dua kategori yang berbeda. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan pesertanya. Jangan sampai kamu salah pilih kategori, ya. Inilah kategori tes IELTS yang harus kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

IELTS Academic

Kategori ini dikembangkan khusus untuk peserta yang ingin melanjutkan studi ke lingkunagn berbahasa Inggris. Tidak hanya bagi yang melanjutkan studi, tes ini juga diperuntukkan bagi mereka yang ingin bekerja di lembaga internasional.

Sesuai namanya, tes ini lebih bersifat akademis. Hasilnya, materi dalam tiap sesi akan membahas hal yang bersangutan dengan riset dan analisis.

IELTS General Training

Kategori tes IELTS berikutnya adalah General Training. Tes kategori ini diperutukkan bagi peserta yang ingin mengetahui kemampuan bahasa Inggris untuk keperluan sehari-hari. Meskipun demikian, IELTS General Training juga terkadang diperlukan peserta yang harus pindah ke negara berbahasa Inggris.

Dalam tes ini, soal yang diberikan akan bersifat lebih umum. Materi dalam setiap sesi akan membahas hal yang bersangkutan dengan kehidupan sehari-hari.

Sebagai ‘tiket’ penting bagi kamu yang ingin melanjutkan karier atau studi di negara berbahasa Inggris, IELTS juga memiliki manfaat yang lain. Inilah manfaat lain dari tes IELTS yang harus diketahui mahasiswa.

  • Kemampuan berbahasa Inggrismu diakusi dunia.
  • Memudahkan proses pencarian kerja dan beasiswa di luar negeri.
  • Mempersiapkanmu untuk kehidupan di luar negeri.
  • Proses pengajuan visamu menjadi lebih mudah
  • Menjadi nilai tambah saat kamu mendaftar lowongan kerja di dalam negeri.

Secara singkat, IELTS merupakan gerbang bagimu untuk melanjutkan studi dan karier di luar negeri. Jika cita-citamu adalah untuk mengembangkan diri di luar Indonesia, mengambil tes IELTS merupakan suatu hal yang wajib kamu lakukan.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*