Serba Serbi IELTS yang Harus Diketahui Para Mahasiswa Zaman Now




Ilustrasi: Siswa di negara ASEAN harus kuasai bahasa Inggris. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Belajar bahasa Inggris. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – ‘Tempuhlah ilmu sampai ke negeri China’ merupakan pepatah dan nasihat yang jitu untuk terus memotivasi kita dalam belajara. Tidak masalah bila kita harus merantau untuk menuntut ilmu. Terlebih jika kamu ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, akan lebih banyak hal yang dipersiapkan sebelumnya. Salah satunya adalah IELTS. Apakah IELTS itu?

IELTS atau International English Language Testing System (IELTS) adalah sistem tes bahasa Inggris internasional yang terpopuler di dunia untuk keperluan studi bekerja dan imigrasi. Pada tahun lalu, ada lebih dari dari 2.9 juta tes yang telah diambil. Hasil IELTS yang valid diakui oleh lebih dari 11.000 organisasi, termasuk lembaga pendidikan, perusahaan, asosiasi perofesional, dan pemerintahan di 145 negara di seluruh dunia.

BACA JUGA:

Konten tes terstandardisasi IELTS dikembangkan oleh tim ahli internasional dan melalui penelitian ekstensif untuk menjamin tes yang tetap adil dan tanpa bias untuk peserta mana pun tanpa memandang kebangsaan, latar belakang, jenis kelamin, gaya hidup atau lokasi.

Bila kamu membutuhkan IELTS ini, kamu dapat mengikuti IELTS Academic atau IELTS General Training, tergantung syarat pendaftaran institusi maupun rencanamu untuk masa depan. Jika kamu berencana untuk belajara atau pindah ke Inggris Raya, kamu harus mengikuti tes IELTS yang disetujui oleh otoritas visa dan imigrasi Inggris Raya yang dikenal sebagai IELTS untuk UKVI.

IELTS menguji keempat keterampilan berbahasa: mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking). Kamu akan mengikuti tes-test tersebut secara bersamaan. Hal ini bergantung pada  ketentuan test center yang dipilih. Bila jadwal keempat tes tersebut tidak dalam satu hari yang sama, setidaknya masih akan dilaksanakan dalam tujuh hari. Total waktu tes yang akan dibutuhkan kurang dari tiga jam.

Dalam mengikuti tes ini, kamu harus membuktkan seluruh kemampuanmu sebaik mungkin. Itu sebabnya, untuk IELTS menyediakan ruang yang tenang tanpa gangguan untuk menguji kemampuan speaking kita.

IELTS juga menerima bahwa setiap orang mungkin memiliki pendekatan yag berbeda saat menjawab pertanyaan. Misalnya, dalam tes IELTS kamu dapat menjawab pertanyaan tes reading atau tes writing dengan urutan yang fleksibel sesuai dengan kenyamananmu. Kamu juga dapat mengubah-ubah jawaban reading  selama waktu tes dan menyesuaikan hasil tulisan esai selama waktu menulis.

Itulah sekilas tentang IELTS yang harus kamu ketahui bila ingin menempuh tes. Terutama bila kamu ingin melanjutkan kuliah di luar negeri atau ke jenjang berikutnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*