Ternyata Ini Alasan Penting Menguasai Bahasa Inggris di Era Digital




Ilustrasi: Siswa di negara ASEAN harus kuasai bahasa Inggris. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Belajar bahasa Inggris. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pelajaran bahasa selama ini kerap dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Banyak masyarakat yang menganggap tidak perlu mempelajari bahasa lebih jauh dan dalam. Karena menurut mereka, bahasa yang dikuasai pada saat ini sudah cukup untuk digunakan dalam berkomunikasi.

Anggapan tersebut  keliru ya, Gaes. Bahasa Indonesia dan bahasa asing sama-sama penting untuk dikuasai. Bahasa asing yang paling penting untuk dikuasai adalah bahasa Inggris, yang merupakan bahasa internasional.

BACA JUGA:

Dalam era teknologi yang makin maju dan era digital ini, terdapat beragam alasan mengapa kita harus mempelajari bahasa Inggris. Inilah alasan penting menguasai bahasa Inggris di era digital.

Mencari pekerjaan

Alasan utama mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang baik adalah membantumu saat mencari pekerjaan. Ketatnya persaingan pencari kerja ini menuntut kamu untuk terus meningkatkat kualitas diri. Salah satunya adalah kemampuan berbahasa Inggris yang dapat menjadi nilai tambah.

Penguasaan bahasa Inggris ini juga membuka peluang bagi kamu untuk mendapatkan pekerjaan di LSM dan organisasi internasional.

Mendaftar beasiswa

Bila kamu mengincar beasiswa, baik jenjang S-1 maupun S-2, kemampuan bahasa Inggris merupakan syarat yang harus dipenuhi. Bahkan, kamu harus melakukan sertifikasi terhadap kemampuan bahasa Inggrismu, seperti TOEFL, TOEIC, atau IELTS.

Memperluas bisnis

Bila kamu menjadi seorang pengusaha, kemampuan bahasa Inggris juga sangat bermanfaat. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik kamu mempunyai peluang untuk mencari tenaga kerja asing dan mengembangkan usahamu di negara lain.

Menggunakan teknologi

Meskipun beberapa produk teknologi menggunakan bahasa Indonesia, tetapi biasanya terjemahan yang dihasilkan tidak maksimal. Hal ini karena banyak kosakata dan istilah bahasa Inggris yang akan terdengar anak dan sulit dipahami bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Menggali informasi

Informasi merupakan hal yang sangat mahal dewasa ini. mendapatkan informasi yang benar, akurat, dan terkini di era digital merupakan sebuah kebutuhan yang tidak terelakkan. Dengan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, kamu data jauh lebih mudah dan bebas untuk mendapatkan informasi.

Mengikuti kursus internasional

Perkembangan dunia digital membuka kesempatan bagi kamu untuk mengikuti berbagai kursus-kursus internasional, baik secara gratis maupun berbayar. Menariknya, kamu dapat mengikuti kursus kelas dunia yang mengahdirkan pemateri langsung dari professional yang berasal dari berbagai negara. Karena levelnya internasional, maka kamu harus menguasai kemampuan berbahasa Inggris agar dapat memperoleh ilmu yang diberikan dengan maksimal.

Berlibur ke luar negeri

Salah satu alasan kenapa kamu harus menguasai bahasa Inggris adalah bila kamu berlibur ke luar negeri. Bila kita sedang di negeri orang dan tidak mengerti sama sekali bahasa yang digunakan oleh penduduk setempat, pasti akan menimbulkan rasa ketakutan dan kekhawatiran tersendiri bukan.

Itulah alasan terpenting mengapa kita harus menguasai bahasa Inggris selain puluhan alasan yang lain, termasuk bahwa deskripsi game online  di gawai kita juga menggunakan bahasa Inggris, bukan. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menyukai pelajaran satu ini ya, Gengs.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*