Bakal Kembangkan Jurusan dan Full Boarding School, SMK Pius X Magelang Pindah Lokasi di Jalan Beringin VI




Pensi modern dance di SMK Pius X Magelang
Pensi modern dance di SMK Pius X Magelang (KalderaNews/Dok. SMK Pius X Magelang)

MAGELANG, KalderaNews.com – Berdasarkan Surat Keterangan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Provinsi Jawa Tengah Nomor : 426/2523/2021 perihal perpindahan lokasi sekolah maka terhitung mulai Tanggal 3 Januari 2022 SMKS Pius X Magelang (NPSN: 20327604) pindah lokasi di Jalan Beringin VI Magelang.

Tepatnya, SMK Pius X Magelang kini menempati lokasi yang sebelumnya menjadi lokasi SMA Tarakanita Magelang yakni di Jalan Beringin VI Magelang, Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang 56125.

Sebelumnya, SMK Pius X Magelang berlokasi di Jalan Ahmad Yani 20 Magelang, Kelurahan Panjang, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang 56111.

BACA JUGA:

“Jadi SMA pindah ke gedung eks SMK Pius X dan sebaliknya,” tegas Kepala Biro SDM Yayasan Tarakanita sekaligus Ketua Tim Tarakanita Crisis Center for Covid-19 Aurelius Arya Saputra pada KalderaNews di Jakarta pada Jumat, 14 Januari 2021.

Ia menambahkan untuk SMA Tarakanita Magelang alasannya integrasi layanan pendidikan SMP dan SMA Tarakanita Magelang di lokasi yang strategis, sementara itu SMK Pius X lebih ke pengembangan sekolah kejuruan melalui penyediaan sarana dan prasarana yang lebih modern sesuai kebutuhan dunia industri.

“Untuk SMK ini lebih cenderung strategi kami dalam rangka menyambut juga penetapan Borobudur sebagai destinasi prioritas, sehingga kami merasa perlu melakukan pengembangan jurusan SMK Pius X dari sebelumnya serta rencana ke depan kami akan kembangkan full boarding school dengan lahan yang baru saja kami beli tidak jauh dari sekolah,” terangnya.

Diketahui, SMK Pius X Magelang dikelola Suster-Suster Cinta Kasih Carolus Borromeus (CB) melalui Yayasan Tarakanita. Karya Yayasan Tarakanita di Kota Magelang ini berawal dari penyerahan hak milik dari pimpinan Suster-Suster OSF yang disahkan oleh Vikariat Semarang pada tanggal 7 Agustus 1954, setelah itu dilanjutkan dengan diterimanya sekolah yang sudah ada di Kota Magelang yaitu SR Pendowo Koelon dan juga Sekolah Guru Kepandaian Putri (SGKP). Maka sejak saat itu Kongregasi Suster-Suster Cinta Kasih Carolus Borromeus mulai mengembangkan karya pelayanannya di bidang pendidikan dari usia dini sampai tingkat SMA.

Pada Tahun 1954, bersamaan dengan SD Tarakanita Magelang, Yayasan Tarakanita juga mengelola SGKP yang bertempat di Jalan A. Yani no 20 Magelang. Pada tahun 1960 berubah menjadi SKKA Pius X, tahun 1976 kembali berubah menjadi SMKK Pius X, dan sejak tahun 1994 berubah menjadi SMK Pius X sampai sekarang.

SMK PIUS X Magelang adalah sekolah menengah kejuruan yang mengajarkan karakter kesederahanaan, kedisiplinan dan kejujuran. SMK PiUS yang didirikan pada 3 September 1953 mengajarkan tentang kejuruan dalam Jasa Boga/Tata Boga, Kejuruan dalam menjahit atau membuat baju yaitu Busana Butik dan kejuruan dalam mebuat cake atau roti-roti maupun membuat coklat yang biasa disebut Patisery.

SMK PIUS X ini didirikan oleh para Suster-suster OSF untuk membekali para perempuan-perempuan di sekitar Magelang agar mendapatkan keahlian berupa menjahit maupun memasak. Dalam perkembangannya, SMK Pius X berkembang dari SGKP-SKKA-SMKK dan yang terakhir SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dengan fokus memberikan bekal keahlian pada anak-anak yang perempuan maupun laki-laki di Magelang maupun di sekirannya untuk siap di industri.

Berkenaan dengan perpindahan ini, segala kegiatan, administrasi, surat menyurat, telepon, dan keperluan lainnya terkait SMK Pius X Magelang akan dilayani dengan lokasi dan alamat sekolah yang baru yakni di JL. Beringin VI Magelang, Tidar Selatan, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah 56125.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*