SMA Tarakanita Magelang Punya Gedung Baru, Lebih Bersinergi dan Berkelanjutan




Siswa SMA Tarakanita Magelang. (KalderaNews.com/y.prayogo)
Siswa SMA Tarakanita Magelang. (KalderaNews.com/Y. Prayogo)

MAGELANG, KalderaNews.com – Setelah lebih dari 30 tahun menempati gedung lama, kini SMA Tarakanita Magelang memiliki gedung baru. Gedung persekolahan yang baru ini beralamat di alan Jenderal Achmad Yani No. 20 Magelang, Jawa Tengah.

Gedung yang baru ini berada di satu kompleks dengan SMP Tarakanita Magelang. Melalui proses relokasi dan reorientasi ini, diharapkan SMA Tarakanita Magelang semakin memiliki wajah baru, fasilitas baru, serta kegiatan yang bersinergi dan berkelanjutan.

BACA JUGA:

Dan, pada Jumat, 14 Januari 2022, digelar Misa pemberkatan gedung baru SMA Tarakanita Magelang. Misa dipimpin Vikaris Episkopal Kevikepan Kedu, Keuskupan Agung Semarang, Romo Alexius Dwi Aryanto.

“Proses pemindahan sekolah ini harus diletakkan bahwa ini adalah penyelenggaraan Allah. Karena jalan yang diberikan Allah adalah yang terbaik,” kata Romo Dwi Aryanto.

Pemberkatan Gedung SMA Tarakanita Magelang
Pemberkatan Gedung SMA Tarakanita Magelang (KalderaNews.com/Y. Prayogo)

SMA Tarakanita Magelang dikelola oleh yayasan yang berbasis keagamaan Katolik. Yayasan ini merupakan bentuk pelayanan para biarawati atau Suster Carolus Borromeus (CB) dalam bidang pendidikan dan pengajaran.

Sejarah SMA Tarakanita Magelang

Pembelajaran di SMA Tarakanita Magelang secara resmi dimulai pada tahun ajaran 1984/1985. Kepala Sekolah yang dipercaya untuk memimpin unit karya ini J.C. Resyanto.

Kegiatan sekolah masih meminjam SD Tarakanita di Jalan Tentara Pelajar 25 Magelang. Pembelajaran di SMA Tarakanita Magelang dilaksanakan siang hingga sore, usai anak-anak SD Tarakanita pulang.

Para guru yang mengampu pun masih dipinjam dari sekolah-sekolah lain, seperti SMAK Pendowo Magelang, SMA Negeri 1 Magelang, SMA Seminari Mertoyudan, bahkan dari Universitas Tidar Magelang.

Kegiatan pembelajaran di SD Tarakanita ini berlangsung selama 2 tahun, hingga pada 31 Desember 1986, gedung baru berlantai 2 di Jalan Beringin VI Magelang selesai dibangun. Dan pada 10 Januari 1987, gedung baru SMA Tarakanita yang berada di lingkungan Kelurahan Tidar, diberkati Romo Vikaris Episkopal Kedu, Keuskupan Agung Semarang, Romo Evaristus Rusgiharto.

Sejak itulah, siswa SMA Tarakanita Magelang menempati gedung sendiri. Proses pembangunan pun terus berlanjut dengan pembangunan gedung lantai tiga. Sarana dan prasarana pendidikan terus dilengkapi, seperti aula, perpustakaan, laboratorium bahasa, areal parkir yang memadai, laboratorium komputer, dan beberapa ruang lain yang dibutuhkan.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*