Inilah Profil Singkat 4 PTS Islam Terbaik Versi Webometrics Tahun 2022




Ilustrasi: Kampus Universitas Islam Indonesia. (Dok. UII)
Ilustrasi: Kampus Universitas Islam Indonesia. (Dok. UII)

JAKARTA, KalderaNews.com – Empat Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Islam terbaik di Indonesia masuk dalam pemeringkatan dunia versi Webometrics tahun 2022.

Adapun yang menjadi indikator penilaian dalam menentukan penilaian tersebut, terkait dengan visibility (50 persen), exellence (40 persen) dan transparancy (10 persen).

Webometrics sendiri merupakan sebuah organisasi penelitian publik terbesar yang berada di Spanyol dan melakukan lebih dari 31.000 institusi pendidikan di dunia. Jadi dengan kata lain, hasil pemeringkatan perguruan tinggi dari Webometrics selalu dinantikan, termasuk oleh perguruan tinggi negeri dan perguruan swasta di Indonesia.

BACA JUGA:

KalderaNews.com akan menyajikan 4 PTS Islam yang berhasil masuk dalam pemeringkatan menurut Webometrics tahun 2022 khusus untuk kamu yang sedang mencari kampus swasta demi melanjutkan pendidikan tinggi.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) – peringkat dunia: 2.232

Melalui moto UMY yakni Unggul dan Islami, kampus yang berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini merupakan institusi perkuliahan yang telah dilengkapi  dengan sistem bertaraf internasional serta kehidupan kampus yang telah dirancang seimbang guna menghasilkan lulusan yang unggul dalam teknologi namun tetap berlandaskan nilai-nilai keislaman.

Didirikan pada 1 Maret 1981 lalu, saat ini UMY telah memiliki 8 fakultas, yaitu: Fakultas Agama Islam, Ekonomi, Ilmu Sosial Ilmu Politik, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Pertanian, Teknik, Bahasa.  

Kemudian ada 4 program, yakni: Program Vokasi, Program Internasional, Program Pascasarjana dan Program Doktor.

Diantara tokoh publik yang menjadi alumni UMY ada Fadh Pahdepie, seorang pengusaha dan politikus. Dan ada juga nama Lalu Muhamad Iqbal, seorang Duta Besar RI untuk negara Turki.

Universitas Islam Indonesia (UII) – peringkat dunia: 2.270

UII merupakan pionir pendidikan tinggi di Indonesia, dimana awal mulanya nama UII adalah Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan pada tahun 1945.

Kemudian belakangan berganti nama menjadi Universitas Islam Indonesiadan memiliki banyak sekali fakultas dan program studi, diantaranya, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Hukum, Agama islam, Kedokteran, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Teknik Sipil dan Perencanaan, Teknologi Industri dan International Program.

UII yang berada di Kaliurang, Yogyakarta ini berkomitmen mencetak pemimpin masa depan melalui program pendidikan unggul yang berlandaskan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan.

Berikut ini ada beberapa nama besar para tokoh publik tanah air yang merupakan alumni dari perguruan tinggi swasta Islam, UII Yogyakarta, seperti Mahfud MD (Menkopolhukam, Mantan Ketua KPK dan Guru Besar UII), Pramoeedya Ananta Toer (Tokoh Sastrawan Indonesia), Artika Sari Devi (Puteri Indonesia 2004), Herry Zudianto (Mantan Walikota Yogyakarta) dan banyak nama besar lainnya.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta – peringkat dunia: 3.540

Masih dari perguruan tinggi swasta Islam yang berada di Kota Yogyakarta, UAD menempati posisi terbaik nomor 3.540 versi Webometrics 2022.

Didirikan pada tahun 1994, UAD dulunya adalah pengembangan dari IKIP Muhammadiyah Yogyakarta.

Mengusung moto Moral and Intellectual Integrity, UAD setidaknya telah memiliki 11 fakultas serta program studi yang berada didalamnya.

Kampus UAD sendiri ada enam di lokasi yang berbeda. Kampus I berada di Semaki Umbulharjo, Kampus II berada di  Sidikan Umbulharjo, Kampus III barada di Warung Broto Umbulharjo, Kampus IV berada di Bantul, Kampus V bearada di Umbulharjo Yojyakarta dan Kampus VI berada di Wates Kulon Progo.

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)- peringkat dunia: 4.289

Dibangun atas slogan “Wacana Keimuan dan Keislaman” Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merupakan perguruan tinggi swasta Islam yang masuk dalam peringkat dunia versi Webometrics 2022.

Berdiri pada tahun 1957, UMS adalah lembaga pendidikan tinggi di bawah persyerikatan Muhammadiyah. Dan pada awalnya UMS perubahan bentuk dari IKIP Muhammadiyah, sama seperti UAD di Yogyakarta.

Sampai saat ini UMS telah membuka hampir sekitar 52 program studi. Ditambah lagi, UMS juga menjalin kerjasama dengan 5 negara besar (Inggris, Australia, Korea, Taiwan dan USA) untuk menunjang pendidikan para mahasiswanya.

Dari keempat perguruan tinggi swasta (PTS) Islam terbaik versi Webometrics tahun 2022, salah satunya kampus pilihanmu?

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*