Kamu Harus Tahu! Beda 5 Jenis Tes Bahasa Inggris Untuk Lanjut Kuliah




Ilustrasi Kelas Bahasa Inggris (KalderaNews.com)
Ilustrasi Kelas Bahasa Inggris (KalderaNews.com)

JAKARTA, KalderaNews.com – Minat melanjutkan kuliah di luar negeri makin hari makin meningkat. Selain menyenangkan, persyaratan yang harus disiapkan juga merupakan hal-hal yang menantang. Salah satu syarat yang harus dipenuhi salah satunya adalah tes kemampuan bahasa Inggris.

Bila kamu berminat untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri, kamu harus tahu jenis tes bahasa Inggris yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan di perguruan tinggi tujuan kamu, sehingga kamu bisa mempersiapkan diri kamu untuk mengikuti tes tersebut.

BACA JUGA:

Inilah 5 jenis tes Bahasa Inggris ini  yang harus kamu tahu untuk lanjut kuliah di luar negeri

TOEFL (Test of English as a Foreign Language)

TOEFL merupakan tes yang paling sering dipakai di Indonesia sebagai syarat untuk kuliah maupun kerja di Amerika. Skor minimal yang diminta menurut persyaratan adalah 550 dengan biaya sekitar  mulai dari USD 40 atau sekitar Rp 600.000. TOEFL terdiri dari empat bagian, yaitu listening, reading, writing, dan speaking dengan durasi sekitar tiga hingga empat jam lama tesnya.

TOEIC (Test of English for International Communication)         

Tes satu ini cocok untuk kamu yang mau mencari pekerjaan di luar negeri. Tidak hanya itu, beberapa perusahaan di Indonesia juga mengharuskan mengambil tes ini. Di antaranya adalah FWD, Mitsubishi, Manulife, Badan Kepegawaian Negara, Arsip Nasional Republik Indonesia. Standar penilaian untuk tes ini memakai standar CEFR (The Common European Framework of Reference for Languager: Learning, Teaching, Assessment). Untuk lulus dalam tes ini, kamu harus memiliki skor setidaknya 5-495 pada bagian listening dan 5-495 pada bagian reading, sehingga total skor rata-rata akan menjadi 10-990. Biaya untuk pendaftaran tes ini berkisar USD 40-USD 50.

IELTS (International English Languange Testing System)

IELTS merupakan tes yang wajib banget kamu ikuti bila kamu ingin lanjut kuliah ke Australia, New Zealand, Amerika, dan Inggris. Bahasa yang dipakai dalam tes ini merupakan British Engllish, yang dikenal dengan tulisan dan aksen britih yang sangat kental. Tes ini sangat populer dengan tingkat kesulitannya yang cukup tinggi dan butuh strategi dalam menjawab. Karena tingkat kesulitannya tersebut, tidak heran banyak yang harus melewati preparation course sebelum bisa lulus. Total biaya yang diperlukan untuk mengikuti kursus ini cukup mahal, yakni sekitar Rp7-9 juta.

IELTS mempunyaii dua jenis tes yaitu General Training (untuk bekerja) dan Academic Training (untuk studi). Tes IELTS memiliki empat kategori yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Setiap negara mempunyai standar skor yang berbeda-beda. Misalnya untuk lanjut kuliah di Australia, kamu harus memiliki skor sekitar 4.5-5.00 untuk General Training dan 5.5-7.00 untuk Academic Training.

Kamu dapat mengikuti tes ini di British Council yang terdekat di kotamu seperti Makassar, Jakarta Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Biaya pendaftaran IELTS ini mulai kisaran Rp 2,9 juta.

GMAT (Graduate Management Admission Test)

GMAT adalah jenis tes bahasa Inggris yang diperuntukkan bagi mahasiswa program studi bisnis yang akan melanjutkan kuliah Master of Bussinerss Administration (MBA) di luar negeri. Tes ini sendiri terbagi dalam empat bagian yaitu kemampuan verbal umum, matematika (kuantitatif), analytical writing, dan penalaran terpadu (integraed reasoning).

Durasi tes ini berlangsung sekitar tiga jam dengan biaya yang harus dipersiapkan mulai Rp 2.5 juta. Sebelum tes sebaiknya kamu melakukan persiapan melalui les atau praktik sendiri dengan memakai teknologi yang ada jika tidak ingin keluar biaya lebih banyak.

SAT (Scholastic Aptitude/Assessment Test)

SAT merupakan jenis tes Bahasa Inggris yang dipakai untuk menilai standar penerimaan mahasiswa baru jenjang S-1 di Amerika Serikat. Tes ini memiliki beberapa komponen seperti evidence-based reading and writing, reading tes, writing and  language  test, mathematics, dan essay.

Nilai skor minimal yang ditentukan dalam tes ini adalah 2000. Jika kamu menembus angka tersebut, kamu bisa diterima di perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat. Persiapan untuk tes ini memerlukan waktu yang cukup lama yakni sekitar enam hingga tujuh bulan lamanya. Biaya yang harus dipersiapkan untuk tes SAT ini mulai Rp 800 ribu.

Nah, kemana tujuan negara pilihanmu untuk melanjutkan studi, sekarang kamu sudah mulai bisa mempersiapkan tes bahasa Inggrisnya. Good luck!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*