Pelajar Harus Tahu! Keuntungan Kekurangan Belajar Sendiri




Belajar
Belajar di perpusatakaan (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pelajar dan mahasiswa pasti tidak jauh dari yang namaya belajar. Belajar di sekolah iya, di bimbingan belajar iya. Dari beragam tempat belajar tersebut, pasti ada jenis belajar yang paling kamu sukai. Belajar sendiri atau belajar bersama teman melalui kelompok.

Dari kedua jenis belajar yang dapat kamu pilih tersebut, kamu bisa memilih salah satu atau bahkan keduanya untuk jadi cara belajar terbaik buatmu. Kedua metode belajar itu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

BACA JUGA:

Inilah keuntungan belajar sendiri yang harus kamu tahu.

Waktu yang fleksibel

Keuntungan belajar sendiri adalah tentang waktu. Kamu bisa belajar di mana dan kapan saja. Bahkan kamu bisa pakai alat bantu apa saja. Kamu bisa memilih senyamannya, baik lokasi maupun waktu.

Melatih intelektualitas diri

Belajar sendiri dapat melatih kecerdasaan kita. Kita mampu memecahkan masalah dengan belajar sendiri. Dengan belajar sendiri kita akan belajar mengembangkan berbagai macam cara pemecahan masalah yang mungkin bisa lebih efektif dan efisien untuk permasalahan tertentu, lalu mungkin juga akan menggabungkan beberapa cara pemecahan tersebut untuk permasalahan yang lebih rumit.

Fokus dan sesuai rencana

Belajar sendiri akan membantu kita untuk tetap fokus dengan bahan pelajaran yang ingin kita dalami. Namun, kondisi ini akan tetap membutuhkan syarat misalnya keadaan lingkungan tempatmu belajar harus dalam keadaan tenang. Belajar sendiri juga bagus buat kita dalam menentukan rencana yang efektif. Bagian bab mana yang harus kita pelajarin atau bab mana yang ingin kita kuasai bisa kita pilih atau bahkan kita skip. Hal ini akan membuat kita benar-benar belajar hal yang kita ingin pelajari, dan tidak buang-buang waktu.

Sedangkan kekurangan belajar sendiri antara lain:

Tidak ada pertukaran ide

Belajar sendiri tidak akan membuat adanya pertukaran ide. Kadang kita membutuhkan proses analisis yang cukup rumit, pada saat seperti ini kita akan merasa belajar bersama akan lebih berguna.

Tidak ada acuan performa belajar

Belajar senditi akan membuat kita tidak tahu akan progress belajar teman kita. Alhasil, saat mengetahui teman kita sudah pada jago, kita bisa stres dan panik. Hal ini yang bisa ditanggulangi dengan sesekali belajar bersama dengan teman.

Banyak distraksi

Banyak gangguan yang bisa saja muncul seperti misalnya notifikasi pesan singkat, tukang jajan yang lewat, atau godaan main gim.

Itulah kelebihan dan kekurangan bila kamu memilih belajar sendiri sebagai metode belajar yang paling tepat. pastikan kamu tetap berkonsentrasi dalam belajar untuk memastikan kamu menyerap semua materi yang kamu pelajari.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*