Dear Parents, Inilah Cara Belajar Efektif untuk Anak Usia Sekolah Dasar




Ilustrasi Siswa SD
Ilustrasi Siswa SD (KalderaNews.com/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Masa sekolah dasar merupakan masa transisi dari masa bermain di playgrup dan TK menuju masa remaja dan dewasa. Cara belajar dan kemampuan setiap anak dalam menyerap materi dari guru di sekolah juga sudah pasti berbeda-beda. Ada yang langsung paham, ada yang sambl mencatat, bahkan ada yang masih suka berlarian atau bermain saat guru menerangkan di depan kelas.

Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui cara belajar efektif untuk anak usia sekolah dasar. Dengan mengetahui cara belajar efektif ini, orang tua dapat membantu dan mendampingi anak belajar di rumah.

BACA JUGA:

Inilah cara belajar efektif untuk anak usia sekolah dasar yang dapat dipraktikkan dengan mudah di rumah.

Belajar dengan teratur

Cara ini dapat diawali dengan cara membiasakan anak untuk membaca buku tertantu setiap hari dengan waktu yang sama. Cara ini dapat membantu anak untuk mencicil bahan ujian. Agar tidak beljar sekaligus banyak menjelang ujian yang pasti akan melelahkan bagi anak.

Belajar dengan menyenangkan

Anak harus diajak untuk menciptakan mood yang positif saat belajar. Dengan mood yang baik, anak akan mudah menyerap pelajaran. Agar mood belajar anak selalu baik, dapat diciptakan ruangan dan suasana belajar yang tenang dan nyaman.

Mind mapping

Bahan pelajaran yang terlalu banyak dapat membat anak kesulitan memahmi materi. Orang tua dapat membantu anak dengan membuat mind mapping. Dengan cara ini anak akan belajar memetakan apa yang mereka pelajari dan akan lebih mudah memahami pelajaran dalam waktu singkat.

Belajar dengan gawai

Gawai tidak selamanya buruk dan merugikan. Gawai dapat membantu anak dalam belajar. Anak dapat dengan mudah mencari bahan di internet, YouTube, dan situs pendidikan untuk membantunya memahami pelajaran.

Belajar sambil bermain

Anak usia SD masih senang bermain. Orang tua dapat memanfaatkan hal ini untuk mengajak anak bermain dengan diselipi materi pelajaran. Anak akan gembira dan tanpa disadarinya, ia juga belajar.

Belajar sambil bernyanyi dan bergerak

Jika anak suka menari atau bergerak, orang tua dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengajak anak belajar. Orang tua dapat menciptakan syair lagu atau gerakan berisi materi pelajaran yang mudah diingat anak.

Belajar bersama teman

Bisa jadi anak kita adalah tipe anak yang harus belajar bersama dengan teman secara berkelompok. Bila ya, orang tua dapat membuat grup belajar dan mengatur jadwal belajar bersama. Diskusikan dengan orang tua atau wali mruid yang lain tentang ide membuat kelompok belajar ini.

Membuat percobaan

Membuat percobaan merupakan salah satu cara belajar yang disukai anak. Dengan cara ini anak akan lebih mudah memahami materi pelajaran. Percobaan sederhana tidak akan menggunakan alat bahan yang mahal, sebaiknya dapat menggunakan alat dan bahan yang ada di rumah.

Langkah dan cara belajar efektif tersebut di atas dapat dicoba langsung dengan anak di rumah. Orang tua pasti lebih memahami karakter dan sifat anak, hal ini akan lebih memudahkan orang tua dalam membantu mereka belajar lebih efektif.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*