Prof. Nizam: Dunia Kampus dan Dunia Kerja Seperti Tom and Jerry, Kejar-Kejaran Terus

Prof.Nizam bersama Universitas Bosowa (Unibos) Makassar. (Dok.Dikti)
Prof. Nizam bersama Universitas Bosowa (Unibos) Makassar. (Dok.Dikti)
Sharing for Empowerment

MAKASSAR, KalderaNews.com – Perguruan tinggi dituntut menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang sangat dinamis. Maka, perguruan tinggi harus berani berubah dan meninggalkan zona nyaman.

“Perguruan tinggi harus bisa menyesuaikan diri dan mencetak lulusan yang sesuai dengan kebutuhan zaman,” tegas Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Plt. Dirjen Diktiristek), Prof. Nizam di hadapan anggota Asosiasi Badan Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Wilayah Sulawesi Selatan.

BACA JUGA:

Menurut Prof. Nizam, meski kurikulum pendidikan tinggi selalu disesuaikan, tetapi hal itu tidak relevan dengan perkembangan zaman yang bergerak cepat. Hal ini lantaran kurikulum yang disesuaikan setiap lima tahun adalah hasil evaluasi untuk lima tahun sebelumnya, sedangkan lima tahun ke depan dunia sudah berubah.

“Jika dianalogikan, ini seperti kartun Tom and Jerry, antara dunia pendidikan tinggi dan dunia kerja selalu kejar-kejaran dan tidak pernah sesuai,” ujar Prof. Nizam.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*