4 PTS di Yogyakarta yang Miliki Prodi Kedokteran, Ada yang Telah Mengantongi Akreditasi A




Ilustrasi: Kampus Universitas Islam Indonesia. (Dok. UII)
Ilustrasi: Kampus Universitas Islam Indonesia. (Dok. UII)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Prodi Kedokteran di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) masih menjadi primadona di kalangan masyarakat kita. Sejauh ini Prodi Kedokteran memang terbukti  memiliki prospek kerja cerah bagi para lulusannya baik dari PTN ataupun PTS.

Bagi kamu yang tinggal di sekitar Yogyakarta atau yang ingin kuliah Prodi Kedokteran di PTS, inilah beberapa kampus swasta yang bisa dijadikan referensi.

BACA JUGA:

Universitas Islam Indonesia (UII)

PTS yang memiliki prodi kedokteran ini, berada di Jalan Kaliurang Km. 14,5, Krawitan, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Universitas Islam Indonesia telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT dan Fakultas Kedokteran di PTS ini juga telah mendapatkan pengakuan dari QS World University Rankings.

Untuk kuliah prodi kedokteran di UII, dibutuhkan biaya kisaran Rp 124.874.000 sampai Rp 319.874.000.

Pendidikan Kedokteran yang dimiliki oleh UII ini juga menyelenggarakan program pembelajaran dengan menggunakan metode PBL atau problem based learning, di mana mahasiswa akan menjadi pusat pembelajarannya.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

PTS yang berada di Jl. Brawijaya, Geblagan, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini membutuhkan biaya kuliah per semesternya sekitar Rp 7.250.000.

Prodi Kedokteran di UMY terdiri dari dua program studi yaitu Program Sarjana Kedokteran dan Program Profesi Dokter.

Mahasiswa harus menyelesaikan dua program studi tersebut untuk mendapatkan gelar dokter. Fakultas Kedokteran UMY ini memiliki Fakultas Kedokteran Umum, dan Kedokteran Gigi.

Untuk program studinya sendiri terdiri dari Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Ilmu Keperawatan, dan Farmasi. Program Pendidikan Dokter yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini dibagi menjadi dua bagian, yakni Program Sarjana Kedokteran, dan Program Profesi Dokter.

Universitas Ahmad Dahlan

PTS UAD berlokasi di alamat: Jl. Universitas Ahmad Dahlan Kampus 4, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk info mengenai biaya kuliah di PTS indengan prodi kedokteran sekitar  Rp 160.000.000 dengan SPP senilai Rp 18.000.000 juta per semesternya.

Fakultas Kedokteran yang ada di Universitas Ahmad Dahlan ini telah berdiri dan melaksanakan segala kegiatan pembelajarannya sejak tahun 2018 lalu.

Fakultas Kedokteran UAD memiliki visi untuk bisa menjadi salah satu Fakultas Kedokteran yang jauh lebih unggul dalam dunia pendidikan, penelitian, hingga pengabdian kesehatan dan kebencanaan.

Ada dua program studi yang ditawarkan, yakni Kedokteran, dan Program Profesi Pendidikan Dokter.

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

PTS ini terletak di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.5-25, Kotabaru, Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Biaya untuk kuliah di Fakultas Kedokteran yang dimiliki oleh Universitas Kristen Duta Wacana ini sekitar Rp 270.000.000.

Universitas ini pertama kali dioperasikan pada tahun 2009 lalu. Meskipun terbilang baru, namun Universitas Kristen Duta Wacana ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya karena sudah mengantongi akreditasi B dari BAN-PT.

Prodi Pendidikan Dokter yang ada di PTS ini  merupakan program studi yang mendidik dan mempersiapkan mahasiswanya untuk bisa menyelesaikan studinya dalam waktu 4 tahun untuk menjadi seorang Sarjana Kedokteran.

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*