Mengenal Magnet, Tidak Hanya Tentang Tarik Menarik dan Tolak Menolak

Magnet dan sifat kemagnetan. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Magnet merupakan benda yang akrab dengan kita. Sejak pertama mengenal magnet di masa kecil, kita pasti dibuat takjub dengan sifat yang ada pada magnet.

Beragam mainan dan alat rumah tangga yang menggunakan sifat magnet. Salah satunya adalah hiasan kulkas. Hiasan kulkas bahkan bisa dijadikan sebagai benada koleksi. Apakah magnet hanya menarik karena gaya tarik menarik dan tolak menolaknya saja?

BACA JUGA:

Kata ‘magnet’ diambil dari nama daerah di Asia, yaitu Magnesia. Di Magnesia, bangsa Yunani menemukan sifat magnetik dari bebatuan  yang mampu menarik biji besi. Magnet itu sendiri merupakan benda yang mampu menarik benda lain di sekitarnya, yang memiliki sifat khusus. Setiap magnet mempunyai sifat kemagnetan. Sifat kemagnetan merupakan kemampuan benda dalam menarik benda-benda lain di sekitarnya.

Sifat-sifat magnet lain antara lain yaitu:

  • Magnet hanya menarik benda tertentu yang ada di sekitarnya. Tidak semua jenis benda bisa ditarik oleh magnet meski berada dalam jangkauannya.
  • Gaya magnet dapat menembus benda.
  • Magnet mempunyai dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan.
  • Apabila kutub magnet yang sejenis didedaktkan satu sama lain, kedua kutub akan saling tolak menolak. Sebaliknya, kutub yang berlainan akan saling tarik menarik.
  • Medan magnet akan membentuk gaya  magnet. Medan magnet akan makin rapat jika didekatkan dengan magnet.
  • Sifat kemagnetan dapat melemah atau hilang karena hal tertentu, seperti sering jatuh, terbakat atau lainnya.

Sifat kemagnetan ini masih dapat dibedakan berdasarkan jenis bahannya yaitu bahan magnetik (feromagnetik) dan bahan non-magnetik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*