Panduan Mudah Ajarkan Puasa pada Anak, Orangtua Harus Tahu

Anak mulai belajar berpuasa
Ilustrasi si Buah Hati mulai belajar berpuasa (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bulan Ramadan merupakan saat yang tepat bagi orangtua untuk mengajarkan ibadah rukun Islam ke-4 pada anak. Pada bulan inilah orangtua dapat mengajarkan puasa pada anak secara langsung.

Selain itu, anak juga dapat diajari untuk mencintai bulan penuh rahmat ini. Banyak keseruan ibadah yang hanya bisa dilakukan di bulan Ramadan yang dapat mereka lakukan.

BACA JUGA:

Inilah panduan mudah bagi orangtua untuk mengajarkan puasa pada anak.

Berikan contoh langsung

Anak-anak adalah peniru yang andal. Mereka akan mengikuti kebiasaan orangtuanya. Oleh karena itu berikan contoh secara langsung kegiatan yang dapat dilakukan selama bulan Ramadan, mulai dari sahur, puasa, hingga berbuka.

Orangtua juga dapat melibatkan anak dalam menyiapkan menu sahur dan buka puasa. Tanyakan pada mereka menu yang mereka inginkan agar mereka makin semangat puasa.

Penjelasan juga penting

Sebelum mulai berpuasa, anak juga perlu diberikan penjelasan mengapa puasa, manfaat, hikmah, serta pahalanya. Selain puasa, anak juga harus diberikan penjelasan mengenai ibadah-ibadah yang lain seperti tarawih, sahur, tadarus, zakat fitrah dan lain-lain. Bisa juga diberi penjelasan mengenai tradisi seputar bulan Ramadan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*