Jarang Diketahui, 1 April Hari Bank Dunia, Menara Eiffel yang Pertama Kali Dibantu

Bank Dunia. (Ist.)
Bank Dunia. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 1 April diperingati sebagai Hari Bank Dunia. Ini merupakan peringatan terbentuknya organisasi International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) yang bertujuan untuk melawan kemiskinan di dunia.

Hari Bank Sedunia diawali pada 1 April 1944 ketika diadakan sebuah konferensi di Bretton Woods, New Hampshire, Amerika Serikat. Dalam konferensi United Nations Monetary and Financial tersebut dibuatlah sebuah badan yang nantinya akan memainkan peran vital dalam perekonomian dunia.

BACA JUGA:

Badan itu kemudian disebut World Bank alias Bank Dunia yang bertugas memberikan dana moneter atau dana bantuan pada negara-negara yang perekonomiannya sedang tidak sehat, agar tidak sampai mempengaruhi kondisi ekonomi wilayah yang ada di sekitarnya.

Negara pertama yang mendapatkan bantuan dari Bank Dunia adalah Prancis. Saat itu, Menara Eiffel membutuhkan dana segar senilai 250 juta dolar Amerika Serikat (AS), untuk membangun kembali infrastruktur negara mereka yang hancur lebur pasca perang.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*