Puasa Mulai Besok, Inilah Kumpulan Tradisi Unik Menyambut Ramadan

Ilustrasi: Tradisi Unggahan menjelang Ramadan di Banyumas, Jawa Tengah. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Tradisi Unggahan menjelang Ramadan di Banyumas, Jawa Tengah. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bulan Ramadan yang disebut bulan penuh hikmah merupakan bulan yang dinanti-nanti setiap tahunnya. Hal ini karena pada bulan ini Allah mencurahkan rahmat dan ampunannya melebihi bulan-bulan lainnya.

Dalam menyambut bulan suci ini, masyarakat Indonesia mempunyai sejumlah tradisi unik yang dilakukan secara turun termurun. Inilah tradisi unik tersebut dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA:

Nyadran – Jawa Tengah dan Yogyakarta

Kegiatannya berupa berziarah serta memasak dan membagikan makanan tradisional. Dilakukan untuk menghormati para leluhur dan sebagai ungkapan syukur kepada Allah.

Bakar batu – Papua

Tradisi ini dilakukan dengan membakar batu dan meletakkan bahan makanan di atasnya untuk disantap bersama. Menurut mereka kegiatan ini dilakukan untuk memperkuat silaturahmi sekaligus bermaafan dengan seluruh kerabat.

Cucurak – Jawa Barat

Di Jawa Barat, tradisi yang dilakukan untuk menyambut Ramadan adalah berkumpul bersama keluarga dan kerabat kemudian makan bersama di tempat terbuka. Sama seperti orang Papua, tradisi ini dibangun untuk mempererat silaturahmi, saling bermaafan dan mengucap syukur menjelang bulan Ramadan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*