Deretan Universitas Tertua di Dunia, Mahasiswa Perlu Tahu

Sharing for Empowerment

Lulusan terkenal dari universitas ini antara lain: Stephen Hawking, Albert Einstein, Adam Smith, J.R.R. Tolkien, Bill Clinton, Indira Gandhi, Aung San Suu Kyi, dan lain-lain.

University of Cambridge

Saat para cendeiawan dari Oxford melarikan diri dari amukan warga, beberapa d ari mereka pindah ke Cambridge dan mendirikan insitusi mini di sana pada 1209. Pada tahun 1231, University of Cambridge baru menerima piagam dari Raja Henry III sebagai institusi pendidikan.

Karena memiliki kesamaan dengan University of Oxford, keduanya sering disingkat menjadi Oxbridge. University of Cambrideg memiliki 31 kolese dan 6 fakultas yang memuat 150 departemen.

Alumni terkenal dari kampus ini antara lain adalah Sir Isaac Neston, James C. Maxwell, Nield Bohr (pencetus sturktur  atom), Charles Darwin, dan lain-lain.

University of Salamanca

Berdiri di Salamanca, Castilla y Leon, sejak 1134, diakui tahun 1218 atas izin Raja Alfonso IX. Univerista ini terkenal sebagai institusi yang turut mendukung ekspedisi Christoper Colobus pada abad 15.

University of Salamanca menjadi tempat sekitar 28.000 mahasiswa termasuk pelajar asing yang ingin mempelajari tentang bidang humaniora seperti sastra Spanyol, hukum, dan ekonomi. Salah satu lulusan terkenal dari kampus ini adala Miguel de Cervantes, penulis novel Don Quixote.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*