Serba Serbi Puisi: Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Ilustrasi menulis (KalderaNews/Ist)
Menulis (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Puisi merupakan karya sastra yang tidak terlalu panjang tetapi dapat dinikmati semua orang. Kata-kata indah yang dipakai selalu mengandung makna yang mendalam. Tidak jarang mendengarkan atau membaca puisi kita jadi baper atau terbawa perasaan.

Tokoh puisi terkenal dari Indonesia adalah Chairil Anwar, Sapardi Djoko Damono,  W.S. Rendra, dan masih banyak yang lainnya. Sebenarnya seperti apa puisi itu?

BACA JUGA:

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), puisi atau sajak merupakan ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, mantra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Biasanya puisi berisi ugkapan penulis mengenai emosi, pengalaman maupun kesan yang kemudian dituliskan dengan bahasa yang baik sehingga dapat berima dan enak dibaca.

Menurut H.B. Jassin, puisi adalah suatu karya sastra yang diucapkan dengan perasaan dan memiliki gagasan atau pikiran serta tanggapan terhadap suatu hal atau kejadian tertentu. Selain H.B. Jassin, definisi puisi masih diungkapkan oleh ahli sastra yang lain, tetapi semuanya merujuk pada kesamaan pengertian bahwa puisi adalah karya sastra yang berisi tanggapan serta pendapat penyair mengenaio berbagai hal. Pemikiran penyair ini kemudian dituangkan dengan menggunakan bahasa-bahasa apik serta memiliki struktur batin dan fisik khas penyair.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*