Tip Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik, Agar Hati Senantiasa Tenang

Pemudik Menggunakan Motor
Ilustrasi. Pemudik Menggunakan Motor (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setelah tidak mudik karena pandemi dua tahun belakang ini, mudik tahun ini pasti ditunggu-tunggu oleh semua orang. Sebelum berangkat menuju kampung halaman untuk mudik, kondisi rumah harus dipastikan aman supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:

Inilah tip meninggalkan rumah dengan aman pada saat mudik Lebaran. Simak, yuk!

  1. Pastikan kamu telah mengunci rapat semua pintu, pagar, dan jendela. Jangan meninggalkan kunci cadangan di bawah pot, keset atau tempat-tempat tersembunyi lainnya karena sangat berisiko diketahui pelaku kejahatan.
  2. Cabut semua kabel-kabel aliran listrik. Pastikan semua barang elektroik dalam keadaan mati.
  3. Lepaskan regulator tabung gas.
  4. Matikan saluran atau keran air.
  5. Tinggalkan rumah dalam keadaan bersih dan tutup semua lubang pembuangan. Rumah yang kotor akan rentan didatangi binatang-binatang seperti tikus dan kecoa. Pastikan semua tempat sampah juga telah kosong, ya.
  6. Nyalakan lampu depan (lampu teras dan halaman atau taman) agar tidak terlihat kosong. Kamu bisa menggunakan lampu timer yang akan menyala bila gelap dan akan mati sendiri bila ada sinar matahari.
  7. Informasikan rencana mudik kepda tetangga, ketua RT/RW, dan satpam serta bisa juga pihak kepolisian.
  8. Titipkan rumah kepada orang yang bisa dipercaya.
  9. Bila kamu berlangganan koran harian sampaikan pada loper koran untuk tidak mengantar koran selama kamu pergi.
  10. Jangan meninggalkan barang berharga di rumah. Benda-benda berharga yang tidak kamu bawa mudik, seperti misalnya laptop harus tersimpan dengan baik di lemari yang terkunci atau bisa juga kamu simpan di kantor. Uang dan perhiasan emas bisa disimpan di bank.
  11. Pasang kamera pengawas yang dapat tersambung dengan ponselmu. Pasang kamera pengawas dengan tepat agar kamu dapat melihat semua titik akses masuk ke dalam rumah. Memasang kamera pengawas dengan ketinggian 2 hingga 3 meter akan membuat kamu mendapatkan sudut pengambilan terbaik. Bila perlu, tambahkan detector gerakan pada pintu masuk dan jendela. Gerakan yang mencurigakan tentu akan me
  12. Bila kamu menggunakan token listrik, pastikan telah terisi dengan perkiraan cukup hingga kamu kembali agar tidak menimbulkan suara gaduh yang dapat mengundang perhatian orang saat tokennya habis. Bila kamu pengguna listrik pasca bayar, pastikan telah membayarnya di awal bulan untuk menghindari pemutusan.
  13. Titipkan hewan peliharaan di pet hotel terdekat.
  14. Bila memasang alarm kebakaran, pastikan alatnya aktif.
  15. Jangan terlalu berlebihan di media sosial dengan informasi yang menjelaskan bahwa kamu sedang mudik. Bisa jadi ada penjahat yang mengincar rumahmu selama kamu mudik.

Itulah 15 tip lengkap saat meninggalkan rumah untuk mudik tahun ini. Rumah aman, hati tenang. Selamat mudik!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*