Inilah 9 Amalan Sunah Idulfitri yang Harus Kamu Tahu, Agar Ibadah Makin Sempurna

Ilustrasi: Halalbihalal Idulfitri. (Ist.)
Ilustrasi: Halalbihalal Idulfitri. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Idulfitri atau lebih familiar dengan istilah Lebaran jatuh pada 1 Syawal dalam penanggalan Hijriah. Umat Islam di Indonesia menjadikan Idulfitri sebagai hari raya utama, momen untuk berkumpuk kembali bersama keluarga.

Idulfitri di Indonesia juga diperingat sebagai hari libur nasional yang penentuannya dilakukan oleh pemerintah. Oleh karenanya, hari raya ini disambut dengan gembira oleh banyak orang.

BACA JUGA:

Terdapat sejumlah amalan sunah yang bisa dilakukan oleh kaum muslim ini dalam menyambut 1 Syawal dan pelaksanaan salat Idulfitri. Inilah amalan sunah tersebut.

Mandi dan berhias memakai pakaian bagus

Orang yang menghadiri salat Idulfitri, baik laki-laki maupun perempuan dianjurkan agar berpenampilan rapi, yaitu berhias, memakai pakaian bagus (tidak harus mahal, yang penting rapi dan bersih), dan wangi-wangian sewajarnya.

Makan sebelum salah Idulfitri

Esensi dianjurkan makan sebelum berangkat salat Idulfitri adalah agar tidak disangka hari tersebut masih hari berpuasa, sedangkan untuk shalat Iduladha dianjurkan untuk tidak makan terlebih dahulu adalah agar daging kurban bisa segera disembelih dan dinikmati setelah salat Iduladha.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*