Mengapa Rasa Asin Air Laut Berbeda? Simak Faktor-Faktor Berikut Ini

pantai indah, instagram
Salah satu pantai Instagramable di Indonesia, Panta Ngurtafur di Kepulauan Kei. (KalderaNews.com/*@maduma.tourimstravel)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat kita kecil dan bermain ke pantai, kita pasti terheran-heran saat mencicipi air laut yang asin dan hal ini berbeda dengan air mandi yang ada di rumah. Kita lantas bertanya dari manakah asal rasa asin ini, bukan?

Tahukah kamu bahwa rasa asin di setiap laut itu berbeda-beda rasanya? Apa yang membuat rasa asin itu berbeda? Salinitas merupakan istilah bagi rasa asin air laut yang menjelaskan tingkat kandungan garam air laut dan danau yang dihitung dalam satuan perseribu.

BACA JUGA:

Inilah faktor-faktor yang mempengaruhi salinitas air laut. Cekidot, ya!

Penguapan

Rasa asin pada air laut itu berasal dari fenomena hujan. Dalam fenomena terjadinya air hujan terdapat proses penguapan atau evaporasi. Makin besar tingkat penguapan air laut, maka kadar salinintasnya juga makin tinggi. sebaliknya, apabila tingkat penguapan air lautnya rendah, maka kadar salinitasnya juga akan makin rendah.

Banyak sedikitnya sungai yang bermuara

Makin banyak sungai yang bermuara kea rah laut, maka salinitas air laut juga akan makin rendah. Sebaliknya, apabila terdapat sedikit sungai yang bermuara ke laut, maka kadar saliintas air laut juga akan makin tinggi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*