Lagi Malas Belajar? Lakukan Hal Ini untuk Empas Mager

Ilustrasi: Cara usir rasa malas saat belajar di rumah. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Cara usir rasa malas saat belajar di rumah. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Malas memang musuh bebuyutan dari produktif. Apapun aktivitas yang akan kita lakukan, kalau sudah terkena badai mager, rasanya semunya akan terbengkalai. Rasa malas juga kerap hinggap pada kaum pelajar dan mahasiswa.

Bila rasa malas belajar tiba-tiba menghampirimu, lakukan beberapa tip berikut ini untuk mengempaskannya jauh-jauh.

BACA JUGA:

  1. Breakdown ulang tujuan atau goals yang ingin kamu capai lewat belajar. Bila perlu temple di dinding tempat kamu biasa belajar.
  2. Segera mandi air dingin atau cuci muka sebelum memulai belajar. Cara ini cukup efektif untuk membangunkanmu dan merasa segar lagi.
  3. Ajaklah teman buat belajar bersama, setidaknya menemanimu belajar. Meskipun ia tidak belajar. Saat ada teman setidaknya ada yang mengawasi, asal ia tidak bermain game online di depanmu saat kamu belajar.
  4. Hitung mundur dari lima sampai satu, setelah tepat pada hitungan satu, kamu bisa lakukan gertakan tubuh untuk ‘bangkit dan mulai belajar’.
  5. pindah tempat belajar. Kamu dapat mencoba belajar di perpustakaan, taman baca, kafe, ataupun tempat belajar lain selain rumah. Suasana baru dapat mengempaskan rasa malas belajar yang mungkin sedang hinggap.
  6. Jangan pegang HP setidaknya satu jam sebelum mulai belajar.
  7. Terapkan prinsip hidup sehat, sederhana, dan minimalis. Cara hidup ini akan membuatmu less stress sehingga rasa malas belajar pun akan jauh-jauh darimu.
  8. Belajar sambil bergerak. Jangan kaku atau diam saja, misalnya kamu bisa membaca sambil berdiri, nonton video pembelajarn sambil mencatat, dan lain-lain. Cara ini juga dapat menghindarkanmu dari kekakuan otot.
  9. Puasa hiburan atau dopamine detox dengan cara mengurangi scroll  lini masa media sosial, nonton drama Korea atau anime, atau bermain game online untuk waktu tertentu.
  10. Jauhi aktivitas rebahan. Jauhi kasur atau media lain yang membuatmu rebahan bila kamu tidak mungkin memindahkannya.

Sepuluh tip di atas dapat kamu coba untuk mengempas rasa malas yang hinggap saat kamu akan belajar. Yuk, semangat yuk!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*