Virus Hepatitis Misterius Serang Anak-anak di Jakarta, IDI: Tengah Diselidiki




Ilustrasi. Virus Adenovirus 41 (Ist)
Ilustrasi. Virus Adenovirus 41 (Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Beberapa hari terakhir kabar mengejutkan datang dari Jakarta, mengenai anak-anak yang diserang virus adenovirus 41, dan tiga diantaranya meninggal dunia.

Dirangkum dari berbagai sumber, dikatakan bahwa virus adenovirus 41 ini termasuk dalam kategori virus hepatitis akut yang misterius.

Sementara pihak IDI menyatakan bahwa, para ahli tengah menyelidiki apa penyebab dari hepatitis yang misterius itu masuk ke Indonesia.

BACA JUGA:

Masih menurut IDI, dimana dikatakan virus tersebut bisa dikategorikan kepada Adenovirus 41 dan sebagiannya dikategorikan SARS-CoV-2, dan sebagiannya lagi kombinasi dari kedua viris tersebut.

Diketahui, bahwa kasus hepatitis akut misterius pada anak diduga akibat infeksi adenovirus 41 tersebut.

Dimana sebagian anak dilaporkan mengalami gastrointestinal kemudian selanjutnya diikuti oleh penyakit kuning.

Pihak IDI, dalam hal ini diwakili oleh Ketua Satgas Penaganan Covid-19, Prof. Zubairi Djoerban, menyebutkan adenovirus 41 merupakan virus umum yang menyebabkan berbagai penyakit seperti, pilek, sakit tenggorkan, pneumonia dan diare.

Biasanya, semua daftar penyakit diatas bisa sembuh sembuh sendiri, namun tidak sama halnya dengan penyakit yang disebabkan oleh adenoviris 41.

Lantaran kemisteriusannya, adenovirus 41 dikatakan juga pada laman CDC, bahwa virus tersebut dapat juga menginfeksi usia dewasa.

Di Inggris, anak yang terkena virus hepatitis akut tersebut 10 dari 145 pasien, memerlukan trasplantasi hati.

Penyebaran adenovirus 41, hampir mirip dengan Covid-19, diantaranya menyebar melalui udara, kontak fisik dengan penderita seperti benda yang digunakan penderita atau cairan dari si penderita.

Maka sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan tangan, menggunakan masker dimana pun dan menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah tertular virus adenovirus 41, si virus hepatitis akut yang misterius.

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*