Gaung G20: Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Tetap yang Terbaik dan Efektif Dibanding Belajar Online

Pembelajaran tatap muka terbatas di Sekolah Cikal Cilandak
Pembelajaran tatap muka terbatas di Sekolah Cikal Cilandak (KalderaNews/Dok.Cikal)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 menghadirkan risiko kehilangan pembelajaran (learning loss). Selama pandemi, hampir seluruh negara di dunia menutup sekolah untuk melindungi warga sekolah dari pandemi dengan memberlakukan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)hingga diperkirakan sebanyak 1,6 miliar murid di seluruh dunia terdampak kebijakan penutupan sekolah.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) selaku Ketua Kelompok Kerja Pendidikan G20 (Chair of the G20 Education Working Group), Iwan Syahril pembelajaran tatap muka di sekolah membuat murid-murid mendapatkan lingkungan belajar yang lebih baik.

“Selain itu, berbagai studi menunjukkan bahwa pembelajaran tatap muka masih merupakan metode paling baik bagi para siswa, baik anak-anak dan anak-anak muda kita,” ucap Iwan.

BACA JUGA:

Senada dengan itu, Chief of Education, United Nations Children’s Fund (UNICEF), Katheryn Bennett mengungkapkan bahwa pertemuan tatap muka antara guru dan murid, serta murid dengan teman-teman sekolahnya, tidak bisa tergantikan di negara manapun.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*