Romo Sigit Pranoto: Dear Kemendikbudristek, Saya Kirimkan Koreksi atas Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII

Sharing for Empowerment

“Baik versi pdf maupun cetak, tertulis pengajaran yg sangat keliru tentang agama Protestan dan Katolik seperti yg saya lingkari. Dan justru inilah yg selama ini menjadikan kesalahpahaman dlm hubungan di masyarakat terkait ajaran ttg Trinitas,” tulis Romo Sigit Pranoto.

“Ajaran Kristiani tentang Trinitas mengajarkan bahwa Allah itu satu/esa, namun hadir dalam tiga pribadi: Allah Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Sangat berbeda dg apa yg tertulis di dalam teks tsb,” papar Romo Sigit Pranoto.

“Sbg sebuah buku pedoman, hal2 yg menyangkut ajaran ttg agama lain sebaiknya perlu dikoreksikan terlebih dahulu pd yg memang berkompeten, atau paling tdk merujuk pd sumber aslinya supaya tdk menyesatkan,” tulisnya.

Buku ini diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat. Cetakan pertama buku pada 2021.

Penulis buku adalah Zaim Uchrowi dan Ruslinawati, dengan penelaah Sapriya dan Adi Darma Indra. Editor buku ini adalah Sunan Hasan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*