Romo Sigit Pranoto: Dear Kemendikbudristek, Saya Kirimkan Koreksi atas Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII

Sharing for Empowerment

Romo Sigit Pranoto mempersoalkan penjelasan di halaman 79 buku ini. Di situ terdapat penjelasan tentang agama Kristen Protestan dan Katolik.

Buku tersebut menulis:

“Agama Kristen Protestan mulai berkembang setelah kedatangan bangsabangsa Eropa, terutama Belanda dan Inggris, sekitar Abad ke-17. Tuhannya adalah Allah, Bunda Maria, dan Yesus Kristus sebagai tiga yang tunggal atau Trinitas. Injil menjadi kitab sucinya. Umat Kristen Protestan wajib beribadah setiap akhir pekan di gereja masing-masing.”

“Agama Katolik mulai berkembang bersama dengan kedatangan bangsa Spanyol dan Portugis di Abad ke-16. Tuhannya sama dengan Kristen Protestan,yakni Trinitas Allah, Bunda Maria, dan Yesus Kristus. Kitab sucinya juga Injil. Dengan peribadatan tersendiri berbeda dengan Protestan, umat Katolik wajib beribadah setiap akhir pekan di gereja Katolik.”

“Semoga buku ini segera ditarik dan direvisi kembali oleh pihak yg berwenang agar tdk menimbulkan kesalahpahaman yg justru membuat maksud baik dari buku ini tdk tersampaikan,” ujar Romo Sigit Pranoto.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*