Berikut Sejumlah Perubahan Seleksi Masuk PTN di Merdeka Belajar Episode 22

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim meluncurkan Merdeka Belajar episode 22 Transformasi Seleksi Masuk PTN. (KalderaNews.com/y.prayogo)
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim meluncurkan Merdeka Belajar episode 22 Transformasi Seleksi Masuk PTN. (KalderaNews.com/y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim meluncurkan Merdeka Belajar episode 22: Transformasi Seleksi Masuk PTN, Rabu, 7 September 2022.

Dalam pemaparannya, Menteri Nadiem melakukan beberapa perubahan terhadap proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Perubahan ini bertujuan untuk menyambungkan transformasi kebijakan yang telah dilakukan di jenjang pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi, agar lebih terintegrasi dan bersinergi.

BACA JUGA:

Selama ini paling tidak ada 3 jalur seleksi masuk PTN, yakni seleksi nasional berdasarkan prestasi atau Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), seleksi nasional berdasarkan tes atau Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN), dan seleksi jalur mandiri PTN.

Perubahan SNMPTN

“Sebelumnya, jalur SNMPTN memisahkan calon mahasiswa berdasar jurusan di pendidikan menengah, karena pilihan program studi dibatasi berdasar jurusan di pendidikan menengah,” ujar Menteri Nadiem.

Selain itu, dalam SNMPTN, hanya mata pelajaran tertentu yang dipertimbangkan dalam seleksi, sehingga mata pelajaran lain menjadi dianggap tidak terlalu penting dan fokus belajar tidak menyeluruh.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*