Komunikasi Tidak Jalan, DPR Desak Kemendikbudristek Lebih Terbuka




Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI di Jakarta
Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI di Jakarta (KalderaNews/Arli Cia)

JAKARTA, KalderaNews.com – Panja Perguruan Tinggi Komisi X DPR RI mendesak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk membuka diri seluas-luasnya terhadap masukan-masukan dari seluruh stakeholder pendidikan.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf menilai terdapat masalah komunikasi antara stakeholder pendidikan dengan Kemendikbudristek, sehingga Komisi X DPR RI menerima banyak pengaduan.

“Menurut saya ada komunikasi yang tidak jalan, ada yang tersumbat, makanya lari (banyak aduan datang) kepada Komisi X,” ujar Dede ketika membaca kesimpulan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi X DPR RI dengan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), Ketua Umum Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPTSI) dan Ketua Konsorsium Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (KPTSI) di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Selasa, 20 September 2022.

BACA JUGA:

Dede melanjutkan, Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) yang disiapkan oleh pemerintah wajib mengkaji dan memperhatikan masalah krusial bidang pendidikan tinggi.

Masalah tersebut di antaranya masalah akreditasi, jalur mandiri PTN, profesi guru dan dosen dan lain-lain. “Komisi X mendorong Kemendikbud Ristek RI untuk melakukan penguatan pengelolaan perguruan tinggi dengan perlakuan secara adil antara perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta,” lanjut Dede.

Selain itu, Komisi X DPR RI meminta pemerintah memperkuat Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan mengevaluasi anggaran akreditasi yang dilakukan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM PT).

“Tentu, kami juga akan mengundang (BAN PT dan LAM PT) nanti, mendengarkan (masukan mereka),” tandas Kang Dede.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*