5 Desember, Hari Sukarelawan Internasional, Inilah Sejarah dan Temanya

Hari Sukarelawan Internasional atau International Volunteer Day (IVD). (Dok.UN)
Hari Sukarelawan Internasional atau International Volunteer Day (IVD). (Dok.UN)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 5 Desember diperingati sebagai Hari Sukarelawan Internasional atau International Volunteer Day (IVD).

Tujuan Hari Sukarelawan Internasional setiap 5 Desember adalah untuk mempromosikan kontribusi sukarelawan terhadap pembangunan di tingkat lokal, nasional dan internasional.

BACA JUGA:

Hari Sukarelawan Internasional juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk turut berbagi dan mempromosikan kegiatan sukarelawan di antara masyarakat, organisasi non-pemerintah (LSM), badan-badan PBB, otoritas pemerintah, dan sektor swasta.

Sejarah Hari Sukarelawan Internasional

Hari Relawan Internasional untuk Pembangunan Ekonomi dan Sosial atau sering disebut Hari Relawan Internasional (IVD), merupakan peringatan internasional yang diamanatkan Majelis Umum PBB pada 1985.

Melalui Resolusi 40/212 Majelis Umum PBB tertanggal 17 Desember 1985, Majelis Umum PBB bersama pemerintah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesadaran akan kontribusi penting dari pelayanan sukarela atau kesukarelaan, sehingga mendorong lebih banyak orang di seluruh lapisan masyarakat untuk menawarkan layanan mereka sebagai sukarelawan, baik di dalam maupun luar negeri.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*