Ternyata, 13 Desember Hari Nusantara, Begini Sejarah, Tema, dan Logonya

Logo Hari Nusantara 2022. (Ist.)
Logo Hari Nusantara 2022. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 13 Desember, kita merayakan Hari Nusantara. Kementerian Investasi/BKPM pada tahun ini menjadi penyelenggara acara puncak peringatan Hari Nusantara 2022.

Tahun ini, Wakatobi terpilih sebagai tuan rumah karena memiliki potensi wisata bahari yang menjadi kebanggaan Sulawesi dan telah dikenal dunia.

Tema yang diusung peringatan Hari Nusantara 2022 adalah “Ekonomi Biru untuk Indonesia Lebih Kuat”.

BACA JUGA:

Tema ini selaras dengan komitmen Pemerintah Indonesia untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060 yang diharapkan menumbuhkan sektor potensi investasi di sektor ekonomi biru, ekonomi hijau, dan ekonomi sirkular.

Sejarah Hari Nusantara

Hari Nusantara yang diperingati setiap 13 Desember bermula dari Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Indonesia pada saat itu, Djuanda Kartawidjaya.

Deklarasi tersebut menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI.

Setelah konsepsi negara kepulauan dapat diterima dan ditetapkan dalam konvensi hukum laut internasional (United Nations Convention On The Law of The Sea, UNCLOS) oleh PBB tahun 1982, deklarasi ini dipertegas kembali dalam UU No. 17 tahun 1985 tentang Pengesahan UNCLOS 1982 bahwa Indonesia adalah negara kepulauan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*