Film tentang Gunung Berapi di Indonesia Masuk Nominasi Piala Oscar

Sharing for Empowerment

JAKARTA, Kalderanews.com — Sebuah film yang mendokumentasikan gunung berapi di berbagai negara, salah satunya di Indonesia, masuk nominasi Piala Oscar 2023.

Film tersebut masuk nominasi film terbaik untuk kategori film dokumenter. Seremoni piala Oscar atau nama resminya Academy Awards akan berlangsung 12 Maret nanti.

Film dokumenter yang diproduksi National Geoghrapic itu berjudul “Fire of Love“, disutradarai oleh Sara Dosa. Dokumentasi film tersebut adalah hasil karya pasangan vulkanolog legendaris, Katia dan Maurice Krafft, yang semasa hidup, mereka berkeliling dunia mengabadikan rupa-rupa gunung berapi yang masih aktif. Pasangan itu meninggal sebagai korban erupsi  Gunung Unzen di Jepang, pada 1991.

Uniknya, dalam teks pembukaan film ini, nama pemeran utama bukan hanya Katia dan Maurice, tetapi juga nama-nama gunung yang ditampilkan di film. Di antaranya, Mauna Loa (Hawaai), Nyirangongo (Kongo), Krafla (Islandia), St Helen (Washington), dan Una Una (Indonesia).

BACA JUGA:

Dalam wawancara dengan cntraveler.com, sutradara Sara Dosa banyak berkisah tentang kiprah Katia dan Maurice, yang di kalangan vulkanolog dunia sudah sangat terkenal. Dimana ada erupsi gunung berapi yang fenomenal, mereka hampir selalu hadir.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*