Pusdatin Kemendagri  Bahas Modeling Informasi untuk Tingkatkan Kualitas Kebijakan dan Regulasi

Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com. Permodelan informasi di lingkungan pemerintah diharapkan meningkatkan kualitas informasi sehingga menjadi dasar perumusan kebijakan dan regulasi yang lebih baik dengan proses yang lebih cepat.

Hal itu dikatakan oleh Plh Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin) Kementerian Dalam Negeri, Afrijal Dahrin DJ S.STP., M.E., saat membuka Rapat Pembahasan Profiling Modeling Informasi di Jakarta, hari ini, 16 Maret 2023.

Plh Kapusdatin Kemendagri, Afrijal Dahrin saat membuka rapat modeling informasi Pusdatin Kemendagri.

“Sebagai instansi pemerintah eksistensi Kemendagri sering dilihat hanya dari peran strategisnya dalam menyelenggarakan tugas dan kewenangannya. Namun sebetulnya peran strategis itu juga ditentukan oleh keluaran (output) yang dihasilkan, yaitu kebijakan dan regulasi. Dalam perumusan kebijakan, sangat penting untuk memperhatikan prosesnya, sehingga kebijakan yang dihasilkan berdasarkan proses yang benar, dengan input informasi yang berkualitas. Sebab informasi yang kurang baik akan menghasilkan kebijakan yang kurang baik juga. Jangan sampai garbage in garbage out,” kata dia di hadapan 40 peserta yang berasal dari berbagai komponen Kementerian Dalam Negeri yang berpartisipasi dalam pembahasan ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*