Menghadapi Mahasiswa yang Super Kritis? Simak Saran Tim Pasang, Profesor asal Toraja yang Mengajar di AS

Beberapa mahasiswa Oregon Institute of Technology saat belajar di laboratorium (oregonbusiness.com)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Menjadi dosen di kampus Amerika Serikat, tepatnya di Oregon Institute of Technology membuat Prof. Tim lebih sering bertemu dengan mahasiswa yang cenderung kritis dan senang berdiskusi. Ini berbeda dengan kebanyakan mahasiswa Indonesia yang menurut Prof. Tim tidak terlalu mengeluarkan banyak pendapat ketika di kelas. Ada kalanya dosen sebagai pengajar kebingungan menghadapi pertanyaan yang terlalu banyak.

Dalam wawancara tertulis bagian kedua ini, Prof. Tim Pasang membagikan pengalamannya kepada Amartya Elisa Siadari dari KalderaNews menghadapi mahasiswa AS yang kritis ketika di kelas. Ia juga membahas tentang kampus Oregon Institute of Technology tempatnya mengajar.

Prof. Tim Pasang

Yuk, kita simak isi wawancaranya di bawah ini:

KalderaNews: Apakah betul bahwa mahasiswa di AS sangat kritis dan bagaimana Prof Tim mengatasinya?

Prof. Tim: Betul. Mereka senang bertanya dan mengajak diskusi. Buat saya, kalau saya tidak tahu jawabannya, saya akan bilang ā€œI do not know the answer, but I will try to find the answer for youā€. Kita harus jujur dengan mereka. Saya justru senang kalau banyak mahasiswa yang bertanya karena itu menandakan mereka tertarik dengan pelajaran kita.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*