Suhu Udara Kok Panas Banget, Apa Sih Penyebabnya, Begini Kata BMKG

Ilustrasi: Tidak benar gelombang panas sedang terjadi di Indonesia. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Tidak benar gelombang panas sedang terjadi di Indonesia. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Beberapa hari terakhir, suhu udara kok panas banget. BMKG sebut penyebabnya karena dinamika atmosfer yang tidak biasa.

“Suhu panas ekstrem melanda negara-negara Asia sepekan terakhir. Indonesia tidak mengalami gelombang panas, tetapi suhu maksimum udara permukaan tergolong panas,” jelas Plt. Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Dodo Gunawan.

Dodo Gunawan memaparkan beberapa penyebab suhu udara kok panas banget di Indonesia, seperti dinamika atmosfer yang tidak biasa.

BACA JUGA:

Selain itu, suhu panas bulan April di wilayah Asia Selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu Matahari, serta lonjakan panas tahun 2023 adalah yang terparah.

Tren pemanasan global dan perubahan iklim, gelombang panas heatwave juga semakin berisiko berpeluang terjadi 30 kali lebih sering. Kemudian, dominasi monsun Australia, Indonesia memasuki musim kemarau.

Dan terakhir, intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan.

Dodo mengungkapkan, BMKG mencatat wilayah Ciputat, Tangerang Selatan menjadi daerah di Indonesia dengan suhu maksimum harian tertinggi pada 17 April 2023 yakni sebesar 37,2 derajat Celsius.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*