Kumpulan Kutipan untuk Ucapan Hari Pendidikan Nasional, Sangat Inspiratif

Logo Hari Pendidikan Nasional 2023. (Dok.Kemendikbudristek)
Logo Hari Pendidikan Nasional 2023. (Dok.Kemendikbudristek)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tiap 2 Mei, kita merayakan Hari Pendidikan Nasional. Inilah kumpulan kutipan untuk ucapan Hari Pendidikan Nasional 2023.

Hari Pendidikan Nasional tak hanya mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tapi sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh insan pendidikan.

BACA JUGA:

Tema Hari Pendidikan Nasional 2023

Pada tahun ini, Kemendikbudristek menetapkan bulan Mei 2023 sebagai Bulan Merdeka Belajar.

Sementara, tema yang diusung adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Kumpulan kutipan untuk ucapan Hardiknas

Nah, untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional, berikut ini kumpulan kutipan untuk ucapan Hari Pendidikan Nasional, yang cocok dibagikan di media sosial mulai sekarang:

  1. Jadikan setiap tempat sebagai sekolah dan jadikan setiap orang sebagai guru. (Ki Hajar Dewantara)
  2. Jangan Tuan terlalu percaya pada pendidikan sekolah. Seorang guru yang baik masih bisa melahirkan bandit-bandit yang sejahat-jahatnya, yang sama sekali tidak mengenal prinsip. Apalagi kalau guru itu sudah bandit pula pada dasarnya. (Pramoedya Ananta Toer)
  3. Pendidikan dan pengajaran di dalam Republik Indonesia harus berdasarkan kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia, menuju ke arah kebahagiaan batin serta keselamatan hidup lahir. (Ki Hajar Dewantara)
  4. Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia bila kaum perempuan dididik baik-baik. Dan untuk keperluan perempuan itu sendiri, berharaplah kami dengan harapan yang sangat supaya disediakan pelajaran dan pendidikan, karena inilah yang akan membawa behagia baginya. (Raden Ajeng Kartini)
  5. Pendidikan bukan hanya untuk mendapatkan gelar, tetapi juga untuk membentuk moral. (Mahfud MD)
  6. Pendidikan Bukan sekedar memberikan pengetahuan, tetapi juga mengasah afeksi moral sehingga menghasilkan karya bagi kepentingan umat manusia. (Erza Saladin)
  7. Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat Itu. (Ki Hadjar Dewantara)
  8. Jika pengajaran adalah transfer pengetahuan, pendidikan harus menumbuhkan kesadaran. (Najwa Shihab)
  9. Betapa mahalnya ongkos pendidikan sekolah bagi sebuah negara miskin; tapi juga betapa omong kosongnya sistem sekolah itu untuk menghilangkan jurang kemiskinan tersebut. (Goenawan Mohamad)
  10. Di dalam hidupnya anak-anak adalah tiga tempat pergaulan yang menjadi pusat pendidikan yang amat penting baginya, yaitu alam keluarga, alam perguruan dan alam pergerakan pemuda. (Ki Hajar Dewantara)
  11. Kamu calon konglomerat ya? Kamu harus rajin belajar dan membaca, tapi jangan ditelan sendiri, berbagilah dengan teman-teman yang tak dapat pendidikan. (Wiji Thukul)
  12. Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa. (Seto Mulyadi)
  13. Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan. (Tan Malaka)
  14. Percaya, tegas, penuh ilmu hingga matang jiwanya, serta percaya diri, tidak mudah takut, tabah menghadapi rintangan apapun. (Ki Hajar Dewantara)
  15. Di dalam hidupnya anak-anak adalah tiga tempat pergaulan yang menjadi pusat pendidikan yang amat penting baginya, yaitu alam keluarga, alam perguruan dan alam pergerakan pemuda. (Ki Hajar Dewantara)

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu. Tertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*