Waspada Hoaks Jelang Pemilu! Dari Waktu ke Waktu Terus Meningkat Signifikan

Sharing for Empowerment

Data ini sebagian besar unggahan didesain untuk mempengaruhi pembacanya dengan informasi yang menyesatkan atau termanipulasi. 

Pembicara lainnya, Nuril Hidayah memaparkan tentang Pemetaan Hoaks 2022 yang menjadi cermin pada penyebaran hoak sebelumnya. Tercatat ada total temuan hoaks oleh Mafindo pada tahun 2022 sebanyak 1698 buah. Secara keseluruhan kita lihat tema politik mendominasi dengan jumlah 549 temuan (32,3%) sedangkan tema “kesehatan” sebanyak 242 hoaks (14,3%). 

Pada akhir sesi, pembicara lainnya adalah Finsensius Yuli P mengulas topik Tipologi Hoaks Pemilu 2019. Hoaks pemilu dapat dipengaruhi oleh komposisi pasangan calon, posisi pemilu dalam kontestasi politik yang lebih luas.

Selain itu, dibahas juga polarisasi dua pendukung yang semakin mengeras, ketika dikaitkan dengan isu SARA. Ada pula potensi menguatnya wacana delegitimasi pemilu, kerentanan KPU dan penyelenggara pemilu. 

“Dalam konteks politik ada banyak hal yang mewarnai tipologi hoak. Selain pendukung dan kandidat, KPU adalah aktor ketiga yang paling banyak disasar hoaks,” tandas Finsensius. 




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*