Ziarah Makam Ki Hadjar Dewantara, Ada Makna Mendalam di Relief Makamnya

Peseta didik mengikuti ziarah makam Ki Hadjar Dewantara di Taman Makam Wijaya Brata, Yogyakarta dilakukan oleh Kemendikbudristek pada Senin, 29 Mei 2023
Peseta didik mengikuti ziarah makam Ki Hadjar Dewantara di Taman Makam Wijaya Brata, Yogyakarta dilakukan oleh Kemendikbudristek pada Senin, 29 Mei 2023 (KalderaNews/Kemendikbudristek)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Berbeda dari biasanya, prosesi ziarah makam Ki Hadjar Dewantara, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kali ini melibatkan guru dan siswa yang diajak napak tilas mendengarkan kisah perjalanan hidup dan perjuangan Ki Hadjar Dewantara yang terukir pada setiap relief.

Ziarah ke Taman Makam Wijaya Brata, Yogyakarta dilakukan pada Senin, 29 Mei 2023.

Dewi Lestari salah satu guru Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa, yang hadir bersama dengan lima orang siswanya mengaku senang karena baru kali pertama kali mengetahui makna cerita yang terkandung dalam relief pada makam Ki Hadjar Dewantara.

“Saya sering, ke sini tapi saya baru tahu cerita perjalanan hidup Ki Hadjar Dewantara. Ini adalah cara yang bagus untuk mengenang dan menghargai jasa pahlawan pendidikan dan menyelami perjuangan beliau di masa lalu sebagai bekal bagi kita sebagai generasi muda untuk terus mengamalkan nilai-nilai luhur ajaran beliau,” tutur Dewi.

BACA JUGA:

Sementara itu salah satu perwakilan siswa kelas 6, Kaliya menyampaikan rasa senangnya bisa berziarah ke makam Ki Hadjar Dewantara karena menambah wawasan tentang perjuangan pahlawan pendidikan di masa lalu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*