OMG, Akses Pendidikan di Jawa Timur, Tegal, Banyuwangi, Jombang dan Mojokerto Ternyata Masih Rendah

Hari Pertama Masuk Sekolah Dasar
Hari Pertama Masuk Sekolah Dasar (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Akses pendidikan yang masih menjadi isu utama, selain kualitas pendidikan di daerah, memerlukan koordinasi dan kerjasama di antara berbagai pihak terkait.

Tujuannya adalah merancang strategi kebijakan yang efektif untuk mengatasi kendala akses pendidikan dengan tepat sasaran.

Menurut Evi Maya Savira, seorang Peneliti Ahli Muda dari Pusat Riset Pemerintahan Dalam Negeri BRIN, berdasarkan perhitungan laju pertumbuhan, Provinsi Jawa Timur (Jatim) mengalami pertumbuhan sebesar 0.009.

BACA JUGA:

Itu berarti dalam enam tahun terakhir, hanya terjadi peningkatan sebanyak 9 anak dari 1000 anak usia sekolah dengan harapan lama sekolah yang lebih lama.

Evi menjelaskan bahwa angka ini mencerminkan rendahnya akses pendidikan. Hal serupa juga terjadi di empat Kabupaten/Kota lainnya, seperti Banyuwangi dengan pertumbuhan 0.012, Jombang 0.011, Mojokerto 0.008, dan Tegal 0.012.

Penjelasan ini disampaikan dalam Seminar Nasional tentang Inovasi Kepemimpinan Perempuan di Sektor Pendidikan, yang diadakan di Auditorium Gd BJ Habibie, Jakarta, pada tanggal 8 Agustus 2023.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*