Apa itu Jurnal Predator? Yuk Kenali Pengertian dan Ciri-cirinya

Ilustrasi mengumpulkan data untuk jurnal ilmiah (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi mengumpulkan data untuk jurnal ilmiah (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Dalam dunia akademik, istilah “jurnal predator” sangat umum ditemui. Apa itu jurnal predator? Bagaimana cara menghindari jurnal predator?

Jurnal predator atau dikenal sebagai “predatory journals” adalah publikasi ilmiah yang memiliki reputasi buruk, dan seringkali tak mematuhi standar etika dan kualitas dalam dunia akademik.

Istilah ini merujuk pada jurnal-jurnal yang lebih mementingkan profit daripada integritas ilmiah, serta cenderung melakukan praktik yang meragukan dalam proses penerbitan artikel ilmiah.

BACA JUGA:

Jurnal predator seringkali memiliki praktik peer review yang lemah atau tak ada sama sekali, serta tidak menjalankan proses seleksi yang ketat terhadap artikel yang diterbitkan.

Artikel yang diterbitkan di jurnal predator kemungkinan tidak melewati review yang seharusnya, sehingga informasi yang disajikan bisa menjadi tidak akurat atau kurang kredibel.

Nah, kenali yuk ciri-ciri jurnal predator:

1. Biaya Publikasi Tidak Wajar

Jurnal predator seringkali mengenakan biaya publikasi yang sangat tinggi, bahkan tanpa menyediakan layanan peer review atau penerbitan berkualitas.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*