Inilah Daftar Lengkap Baju Adat yang Dikenakan Presiden Jokowi di HUT RI dari Tahun ke Tahun

Tahun 2023 ini Jokowi mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepen Ageng dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Jawa Tengah (KalderaNews/JS de Britto)
Tahun 2023 ini Jokowi mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepen Ageng dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Jawa Tengah (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Presiden Jokowi konsisten mengenakan baju adat dalam setiap peringatan HUT RI dari tahun ke tahun.

Pada dasarnya ia dikenal dengan gaya pakaian yang lebih santai dan sederhana daripada beberapa presiden sebelumnya. Namun, pada perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) atau acara-acara resmi lainnya, termasuk upacara kenegaraan, Jokowi sering mengenakan pakaian adat Indonesia.

Pemilihan pakaian adat oleh Jokowi pada acara-acara penting adalah bagian dari upaya untuk mempromosikan kekayaan budaya Indonesia dan menghormati keragaman etnis di negara tersebut. Pilihan pakaian adat ini juga menjadi simbol persatuan nasional dalam keragaman.

BACA JUGA:

Apa saja baju adat yang dikenakan Jokowi pada HUT RI dari tahun ke tahun? Simak berikut ini.

Pada HUT RI Tahun 2017: Baju Adat Tanah Bumbu

Pada perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) tahun 2017, Joko Widodo (Jokowi) tampil dengan pakaian adat untuk pertama kalinya.

Dalam kesempatan tersebut, ia memilih mengenakan baju adat yang berasal dari Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Pakaian adat tersebut terdiri dari setelan warna hitam yang dipadukan dengan kain songket, serta dilengkapi dengan penutup kepala.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*