8 September, Hari Aksara Internasional, Begini Sejarah dan Temanya

Hari Aksara atau Literasi Internasional 2023. (Dok.UNESCO)
Hari Aksara atau Literasi Internasional 2023. (Dok.UNESCO)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Aksara Internasional atau International Literacy Day (Hari Literasi Internasional) diperingati setiap 8 September. Begini sejarah dan temanya.

Peringatan Hari Aksara Internasional digagas untuk meningkatkan kesadaran serta kepedulian pada berbagai masalah literasi yang terjadi baik di tingkat lokal maupun global.

Ide Hari Aksara Internasional dimunculkan pada Konferensi Menteri Pendidikan Sedunia yang digelar di Teheran, Iran pada 8-19 September 1965.

BACA JUGA:

Konferensi para menteri dari berbagai negara di dunia membahas tentang masalah pemberantasan buta huruf.

Nah, menindaklanjuti ide untuk membuat hari peringatan mengenai literasi, setahun kemudian atau tahun 1966, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) secara resmi menetapkan International Literacy Day.

Tujuannya untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya literasi sebagai bagian dari masalah martabat dan hak asasi manusia.

Terutama adalah untuk menurunkan angka buta huruf yang ketika itu menjadi permasalahan besar di tiap negara. Di samping itu juga untuk meningkatkan minat baca dan belajar kepada masyarakat di berbagai tingkatan, mulai dari lokal hingga internasional.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*