Siswi Jakarta Intercultural School Ciptakan Batu Bata Ramah Lingkungan, Bisa Kurangi Emisi Karbon

Sheina Ashley Pribadi, siswi Jakarta Intercultural School. (Dok.pribadi)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sheina Ashley Pribadi, siswi Jakarta Intercultural School membuat batu bata ramah lingkungan. Seperti apa?

Siswi kelas 12 ini menginisasi projek ACE yang menciptakan bangunan yang lebih ramah lingkungan dalam rangka mengurangi emisi karbon.

“Proyek ACE bertujuan untuk menggantikan batu bata semen, tanah liat yang menimbulkan polusi. Caranya dengan mengganti sebagian besar semen pada batu bata dengan fly ash,” kata Sheina Ashley.

BACA JUGA:

Fly ash merupakan produk sampingan PLTU batu bara. Jika tidak dimanfaatkan untuk pembuatan semen ini, fly ash hanya jadi sampah yang dapat mencemari saluran air dan berakhir di tempat pembuangan sampah.

Lewat proyek ini, Sheina Ashley ingin meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menggunakan bahan bangunan rendah polusi.

Tujuan akhirnya ialah memperlambat dampak perubahan iklim.

Ide Sheina Ashley ini muncul saat kursus solusi tentang lingkungan di Stanford tahun lalu.

“Saya banyak konsultasi dengan profesor, insinyur dan mempraktikkannya sendiri di Jakarta. Saya bereksperimen sendiri, membuat prototipe rumah sampai menguji prototipe di laboratorium. Formula yang terakhir dapat mencegah 50 persen lepasnya karbondioksida. Setiap kilogram semen yang diganti dengan fly ash menghemat 0.9 kilogram karbondioksida agar tidak terbuang ke atmosfer,” kata juara Technovation Girls Indonesia tahun 2023 ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*