Unik, Robot AI Hadir dalam Wisuda UNU Yogyakarta

Robot AI di acara wisuda UNU Yogyakarta. (dok.unu)
Robot AI di acara wisuda UNU Yogyakarta. (dok.unu)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Unik, perhelatan wisuda Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) dimeriahkan dengan penggunaan Artificial Intelligence (AI) berupa robot pembawa baki.

Acara wisuda ini menyita perhatian karena hadirnya robot pembawa baki.

Robot yang ditampilkan ini merupakan jenis robot humanoid, dengan penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia.

BACA JUGA:

Robot dinamakan AGVIND

Keberadaan robot di upacara wisuda ini melengkapi kehadiran sejumlah wisudawan, tamu undangan, dan para kiai-kiai NU yang datang menyaksikan.

Robot tersebut berdiri pada satu titik dengan membawa baki. Selanjutnya baki tersebut berisi ijazah para peserta wisuda.

Pejabat setingkat dekanat yang akan menyerahkan ijazah kepada peserta wisuda cukup mengambilnya dengan mudah di baki yang dipegang robot tersebut.

“Robot bernama AGVIND ini merupakan hasil inovasi UNU Jogja  dan PT Stechoq Robotika Indonesia,” kata Rektor UNU Yogyakarta, Widya Priyahita.

Melalui kehadiran robot automatic guided vehicles (AGV) berbasis sensor LIDAR ini, kampus berusaha menunjukkan tantangan masa depan, di mana teknologi berperan besar dalam kehidupan manusia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*