Pensiunan Melek Digital

Sistem Keamanan yang Sedang Diserang Hacker (KalderaNews/Ist)
Sistem Keamanan yang Sedang Diserang Hacker (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

Oleh: Muljono, M.Ak, M.H, CFP®

JAKARTA, KalderaNews.com – Pengertian melek digital merujuk pada kemampuan seseorang akan pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi yang disebut dengan literasi digital yang dikuasai dengan baik.

Konsep literasi digital itu sendiri sebagai upaya untuk memahami perangkat teknologi komunikasi dan informasi. Dalam hal ini berupa literasi teknologi informasi komunikasi yang mengarah fokus pada kemampuan teknis yang sifatnya untuk mengembangkan pelayanan publik berbasis digital ini adalah menurut UNESCO.

Tragisnya, generasi pensiunan adalah generasi X (1946-1964) dan generasi baby boomers (1965-1980) mempunyai indeks literasi digital di bawah 40% sebagaimana dikeluarkan oleh Departemen Informasi dan Komunikasi pada 2021 lalu. Menurut saya, ini sangat memprihatinkan karena terjadi di tengah kemajuan teknologi yang sangat maju dan layanannya telah berbasis digital.

BACA JUGA:

Di tengah dunia yang semakin maju perekonomiannya dengan arus globalisasi yang semakin meningkat tajam, kemajuan teknlogi yang semakin mempermudah pelayanan kepada masyarakat dan jangkauan ke konsumen lebih mudah membawa dampak perubahan bagi perilaku konsumen dalam kehidupan sehari hari.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*